Peduli Kesehatan Lingkungan, LPM UNM Latih Masyarakat Sidrap Bangun Jamban Sederhana

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari LP2M UNM kembali melakukan Pelatihan pembuatan Jamban Sederhana sebagai solusi penyehatan lingkungan hidup masyarakat pedesaan. Hal itu dilakukannya setelah melakukan peninjauan tentang kesehatan lingkungan di Kelurahan Tanru Tedong, Kecamatan Dua Pitue, Sidenreng Rappang.

Ketua Team PKM UNM, Heru Winarno mengatakan, pada saat dilokasi, Team PKM dari LP2M UNM mendapatkan salah satu persoalan lingkungan di tengah-tengah masyarakat Tanru Tedong yaitu, jamban yang masih menggunakan jamban cemplung yang akhirnya membuat lingkungan sekitar jamban menjadi bau.

“Jadi masyarakat masih banyak yang menggunakan jamban cemplung,”katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Team PKM UNM didampingi Bapak Bakhrani Rauf dan Bapak Panennungi memberikan pelatihan pembuatan jamban sumuran sederhana sebagai solusi peningkatan kesehatan lingkungan pada masyarakat kelurahan Tanru Tedong kecamatan Dua Pitue Sidenreng Rappang.

“Saya harap ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan hidup masyarakat dan masyarakat dapat hidup dengan lingkungan yang sehat,”tuturnya.

Sekedar diketahui, pelatihan yang dilakukan mulai 29 April sampai 4 mei 2019 berupa pelatihan teori dan praktik kepada kelompok remaja putus sekolah sebagai mitra kegiatan PKM LP2M UNM.

Sumber: http://siarnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *