Dosen PKK UNM Latih Ibu-ibu Buat Masker Dari Perca Kain di Pangkep

Tim Dosen LP2M UNM Gelar PKM di Labakkang, Ibu-ibu Dilatih Buat Masker Kain

Tim Dosen Pengabdi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM kali ini menyasar kelompok Ibu-Ibu rumah tangga di Labakkang,Pangkep.

Melalui kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat), kegiatannya memaksimalkan dan mendayagunakan pemanfaatan Perca Kain untuk pembuatan masker. Ini bertujuan untuk mencegah terjangkitnya penyebaran Virus Corona khususnya yang ada di Labakkang, Pangkep.

PKM tersebut dilaksanakan secara bersama-sama dalam satu tim yang pimpin oleh Dr.Hamidah Suryani, S.Pd, M.Pd sebagai Ketua; Irmayanti, S.Pd., M.Pd. dan SyarifahSuryana, S.Pd., M.Pd sebagai Anggota.

Pembuatannya (masker) disesuaikan dengan jenis kain percanya; terdiri dari kainkatun, kain renda, kain satin dan sebagainya, tentu yang telah tersortir berdasar pada kebutuhan dan hasil desainnya. Pertimbangan atau kriteria lainnya adalah harus praktis dan fleksibel digunakan untuk melindungi diri dan mencegah penularan covid-19.

Pemberian keterampilan dengan memanfaatkan perca kain untuk dijadikan produk masker untuk berbagai kesempatan baik sehari-hari maupun acara resmi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kanungan Kecamatan Labakkang KabupatenPangkep. Menurut koodinator Pengadian Masyarakat terpadu Drs. Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd yaitu hasil kegiatan ini memberikan manfaat bagi kelompok ibu-ibu rumah tangga karena mereka sangat terbantu dalam membuat masker untuk digunakan dalam mencegah covid-19.

Sementara Prof.Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen pengabdi dari LP2M UNM adalah salah satu bentuk dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni melakukan Pengabdian Masyarakat untuk membantu masyarakat khususnya kelompok ibu-ibu rumah tangga di Desa Kaunang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep.

Kegiatan PKM ini disaksikan pula oleh pemerintah setempat Kepala Desa Kaunang, H.Sappe dan kepala SD Negeri 12/30 bapak Muhammad Haris, S.Pd sebagai bentuk apresiasi pada kegiatan yang dilakukan oleh Tim dosen Pengabdi LP2M UNM. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembuatan masker dari perca kain yang beraneka ragam bentuk dan model dan berharap Universitas Negeri Makassar melalui LP2M UNM selalu memberikan pelatihan dan keterampilan kepada kelompok masyarakat sesuai kebutuhannya apalagi dalam situasi pandemi Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *