LP2M UNM Guru SMK Workshop Penyusunan Soal Taraf Berfikir Tinggi

Dalam rangka peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran, Lembaga  Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) kerjasama guru-guru SMK Program keahlian teknologi konstruksi dan properti melakukan workshop penyusunan soal yang dapat  mengukur keterampilan berfikir taraf tinggi yang dikenal dengan istilah High Order Thinking Skill (HOTS).

Ketua LP2M UNM, H Bakhrani A. Rauf mengatakan,kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan guna mendukung  pemerintah dalam membangun dan memperbaiki kualitas guru, agar lebih berkompeten dalam bidang masing- masing.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman guru SMK program keahlian Teknologi  Konstruksi dan Properti dalam menyusun soal berbasis HOTS. Penerapan kurikulum 2013 pada semua jenjang  pendidikan dasar dan menengah sangat menghendaki agar pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dapat
dilakukan dengan mengukur taraf berfikir tingkat tinggi,” katanya.

Sementara itu, Salah Satu Dosen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP), Anas Arfandi mengatakan, tim pelaksana dari dosen jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, memberikan waktu  selama 3 kali pertemuan kepada peserta yang sebagian diantaranya juga mengikuti Pendidikan profesi guru di
Universitas Negeri Makassar.

“Dengan kegiatan ini, para peserta mengharapkan agar kegiatan ini dapat berlanjut dan dilakukan secara rutin  dalam meningkatkan kapasitas guru dalam menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik  mereka,” ujarnya.

Dia pun juga berharap, LP2M UNM dapat melaksanakan hal yang sama pada beberapa mata pelajaran lainnya  untuk mengatasi keterbatasan yang dialami guru dan peserta didik di SMK dalam meningkatkan kompetensi  mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *