Dosen UNM Latih Siswa SMA Negeri 8 Pinrang Menulis Kreatif Puisi

Salah satu tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI), Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu Tim 7 dengan ketua, Prof.Dr.Anshari,M.Hum. dan anggota, Dr.Kembong Daeng,M.Hum. melakukan “Pelatihan Menulis Kreatif Puisi Siswa SMA Negeri 8 Pinrang” pada Sabtu-Minggu, 8-9 Agustus 2020 di Lembang, Kabupaten Pinrang.

Pelatihan dilaksanakan sesuai observasi masalah yang dialami siswa, yaitu kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan dalam puisi. “Pada umumnya, siswa dan guru merasa menulis kreatif puisi sangat susah,” tegas Guru Besar FBS UNM.

Selain itu, kata siswa dan guru, pelatihan menulis kreatif puisi jarang dilakukan, bahkan tidak pernah diadakan. Hal ini disebabkan kompetensi siswa tidak memadai dan bimbingan guru kurang optimal. Menulis puisi masih jadi momok bagi siswa dan guru.

Untuk mengatasi masalah itu, Dosen JBSI UNM berinisiatif melakukan PKM untuk membekali pengetahuan dan keterampilan siswa menulis puisi.

Narasumber PKM, yaitu Prof.Dr.Anshari,M.Hum., Dr.Kembong Daeng,M.Hum., Baharuddin Iskandar,S.Pd.,M.Pd., dan Rosita Desriani,S.S.

Prof.Anshari bahas materi motivasi menulis, Baharuddin Iskandar ungkap materi inspirasi ide menulis sastra, Dr. Kembong jelaskan penulisan puisi berbasis pendekatan SCL, dan Rosita uraikan metode dan teknik menulis puisi.

“Setelah diberi teori, siswa dilatih secara langsung trik menulis puisi. Siswa sangat antusias. Siswa menilai ada perubahan keterampilan setelah dilatih,” kata Wadir 3 PPs UNM.

PKM dilaksanakan dalam suasana pandemi covid-19. PKM dosen JBSI UNM dilakukan terpadu secara daring. Tim 7 laksanakan PKM via daring dan luring.

Ketua LPPM UNM, Prof.Dr. Bakhrani, MT. dalam sambutan pembukaan PKM terpadu via virtual menegaskan, kegiatan PKM tetap berjalan meski situasi pandemi covid-19.

“Sesuai arahan Pak Rektor, PKM tetap berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Era pandemi covid-19 tidak boleh menghambat kegiatan PKM. Pengabdi harus beradaptasi dengan situasi pandemi,” jelas Guru Besar FT UNM.

Dalam pembukaan, Sabtu (8/8), dihadiri Dekan FBS, Prof.Dr.Syukur Saud,M.Pd., Kadis Pendidikan Kabupaten Pinrang, para pengabdi, guru dan siswa di Lembang Kabupaten Pinrang.

Tim 7 seusai pembukaan, memberi arahan kepada siswa via virtual zoom dan memberi tugas menulis puisi. Esok pada Minggu (9/8), Prof. Anshari dan anggota tim bertatap muka (luring) dengan peserta di lokasi PKM.

Pertemuan luring dihadiri siswa, guru, dan kepsek SMA Negeri 8 Pinrang, Kacab Dinas Pendidikan Wilayah X, Baharuddin Iskandar selain pemateri juga menutup kegiatan PKM.

“Mewakili guru dan siswa di Lembang, saya berterima kasih atas kegiatan positif ini guna meningkatkan SDM. Saya berharap disepakati MOU agar kegiatan PKM berkesinambungan,” harap guru berprestasi nasional ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *