Dosen UNM Terapkan Sistem Alat Penetas Telur Ayam Otomatis Kepada Warga Di Kabupaten Soppeng

Melalui program kemitraan wilayah (PKW) Kampus Universitas Negeri Makassar bekerja sama pemerintah desa Congko terapkan Sistem Alat Penetas Tekur Ayam Dan Bebek Otomatis Kepada Warga Soppeng Untuk warga setempat.  

Pelaksanaan kegiatan PKW berdasarkan didaerah tersebut lantaran masuk dakam potensi wilayah, sehingga dalam menetapkan program yang akan dilaksanakan di Desa Congko  berdasarkan kepada program Pemda Kabupaten Soppeng, dengan salah satu program unggulannya adalah “Program Mappedeceng”. 

Menurut Sekretaris Bappeda Kabupaten Soppeng, Dr Herman diketahui bahwa program ini juga dikembangkan berdasarkan potensi wilayah. Oleh karena itu sangat sejalan dengan Program Kemitraan Wilayah (PKW) Desa Congko. 

“Apa yang dilakukan oleh teman – teman dari UNM itu sangat sejalan dengan program kami dari pemerintah Kota Soppeng, tentunya kami sangat dukung apa yang dilaksanakan oleh teman – teman,” ucapnya, Selasa (11/8/2020). 

Hal senada pula diucapkan Kepala Desa Congko Muhammad Jafar, menyatakan bahwa masyarakat diwilayah ini sudah biasa beternak ayam dan bebek, namun masih sebatas pekerjaan sampingan dan tidak pernah diperhitungkan kontribusinya terhadap peningkata pendapatan keluarga. 

Namun dengan adanya program PKW yang membuna kelompok-kelompok ternak ini, maka diharapkan Desa Congko kedepannya menjadi lebih maju dalam hal peternakan khususnya beternak bebek dan ayam.

“Kami dari pemerintah setempat dalam hal ini desa Congko sangat berterima kasih atas kegiatan ini, ini sangat membantu dari kegiatan sehari hari masyarakat disini sebagai peternak telur ayam dan telur bebek,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Pelaksanakan Prof. Rosmini Maru mengatakam Pelaksanaan kegiatan PKW Desa Congko saat ini sudah merupakan pelaksaan tahun ke-2. 

Menurutnya, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan dari Pihak BRIN, UNM, dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Desa Congko. 

“Kami sangat mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan support dari pihak setempat karna ini sudah dua kalinya kita gelar dan selalu mendapat respon yang baik, Dan yang tidak kalah penting adalah adanya arahan dan bimbingan secara berkesinambungan dari Bapak Rektor UNM beserta Ketua LP2M UNM,” tuturnya. 

Dalam kegiatan tersebut turut pula diikuti oleh Dra. Sumiati Side, M.Si, Drs. Suprapta, M.Si., dan Dr. Muhammad Riadi, M.P selaku anggota dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *