PKM Coaching Clinic Tenis Meja Siswa SDIT Ikhtiar Makassar Sukses Digelar

MAKASSAR – Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK-UNM), Dr. Wahyudin, M.Pd (Ketua), dr. Mutmainnah, S.Ked., M.Kes., Sp.K.J (Anggota), sukses menggelar Coaching Clinic permainan cabang olahraga tenis meja, Kamis (17/9/2020) beberapa waktu yang lalu sebagai bagian penting dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM tahun 2020 yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan tehnik dasar permainan tenis meja pada siswa SDIT Ikhtiar Kota Makassar.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat dan penguasaan tehnik dasar permainan tenis meja sehingga siswa SDIT ikhtiar sekaligus dapat meningkatkan tingkat kebugaran di tengah Pandemic Covid 19 dan prestasi atlet tenis meja SDIT Ikhtiar pada kejuaraan yang diadakan di Kota Makassar sekaligus juga harapkan dapat meningkatkan prestasi atlet tenis meja Sulawesi Selatan.


Ketua PKM, Dr. Wahyudin, M.Pd sedang memberikan Coaching Clinic Tenis Meja pada siswa SDIT Ikhtiar Makassar

Ketua Pelaksana PKM, Dr. Wahyudin, M.Pd mengatakan bahwa pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia yang ditujukan kepada peningkatan kesehatan jasmani dan rohani masyarakat, pemupukan watak, disiplin dan sportivitas serta pengembangan prestasi olahraga yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional serta dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia dalam dunia internasional.

“Perlu kami tegaskan bahwa berdasarkan uraian analisis situasi yang telah kita lakukan, maka untuk meningkatkan keterampilan tehnik dasar bermain tenis meja pada siswa SDIT Ikhtiar, maka perlu dilakukan pembinaan dalam bentuk Coaching Clinik Permainan Tenis Meja pada Siswa SDIT Ikhtiar. Sehingga dengan kegiatan PKM ini maka permasalahan mitra kita yaitu terbatasnya pengetahuan dan penguasaan tehnik dasar permainan tenis meja pada siswa SDIT Ikhtiar, masih terbatasnya pengalaman bertanding pada cabang olahraga tenis meja pada siswa SDIT Ikhtiar, dan masih terbatasnya pengetahuan tentang peraturan dan ketentuan permainan tenis meja pada siswa SDIT Ikhtiar, akhirnya kita bisa berikan solusi yang terbaik,”ungkap Ketua PKM, Dr. Wahyudin, M.Pd.

Lebih lanjut Dosen FIK UNM yang pernah menjadi Wartawan Olahraga di Media Harian Pedoman Rakyat ini mengatakan bahwa salah satu cabang olahraga yang telah mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia adalah cabang olahraga tenis meja. Cabang olahraga ini merupakan cabang olahraga yang telah memasyarakat.

“Jadi selain memasyarakat, juga salah satu cabang olahraga yang dibina sebagai kegiatan ektra kurikuler di SDIT Ikhtiar Makassar yaitu cabang olahraga tenis meja, sehingga cabang olahraga ini telah memasyarakat, terbukti sering dipertandingkan dalam Porseni, Porak, Porwil, Porda, Pomnas, PON, Sea Games, Asian Games, dan Olimpiade. Oleh karena itu, kami dari Fakultas Ilmu Keolahragaan sebagai pusat Ilmu Pengetahuan di bidang olahraga dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi dimana salah satunya yaitu melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dalam bentuk “Coaching Clinik Permainan Tenis Meja pada Siswa SDIT Ikhtiar,”tegasnya kepada wartawan. (Wahyudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *