LP2M Melakukan Penerapan Tungku Pembakaran Arang Tempurung Kelapa

Makassar – Penerapan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari DRPM Kemenristek Dikti tahun 2019 bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan judul, PKM Penerapan Tungku Pembakaran Bioaktif Tempurung Kelapa, yang dilaksanakan oleh Ir. Jan Robert E. Salim. MT dkk dan dipantau pelaksanaan PKM oleh Ketua LP2M UNM bapak Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf,  MT.

Kegiatan PKM ini dilasanakan di Kabupaten Pinrang kegiatannya yaitu mulai pembuatan tungku pembakaran dari pasangan batu merah dan pemasangan wadah pembakaran dari 2 buah drum dan penerapan pembakaran menggunakan tempurung atau batok kelapa dan hasilnya sangat bagus yaitu utuh dan tidah hancur hasil arang bioaktifnya.

Respon masyarakat mitra dalam pelatihan dan penerapan tungku pembakaran arang aktif tempurung kelapa yang biasanya dilakukan hanya menggali tanah dan dipasangi batu merah kemudian digunakan membakar arang tempurung kelapa.

Tetapi dengan adanya tungku pembakaran arang tempurung kelapa seperti ini yang menggunakan pasangan batu merah dan wadah drum dua buah dapat menghasilkan arang aktif tempurung kelapa yang utuh dan sangat baik hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *