Tim Dosen Pengabdi UNM Terapkan PKM Pelatihan Kemandirian Pemuda Antang Makassar

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pelatihan Kemandirian Pemuda Antang Makassar di Kelurahan Antang Kecamatan Manggala yang dilakukan oleh Tim Dosen Pengabdi UNM yang diketuai oleh Bapak Dr. Eng  Jumadi M. Parenreng, S.ST., M.Kom serta dibantu oleh dua rekannya yaitu Dr. Eng. Muhammad Agung, ST., MT. dan Andi Baso , S.Pd., M.Kom.

Sasaran PKM ini adalah kelompok masyarakat sekitar khusunya pemuda yang ada di kecamatan antang yang tidak jauh dari TPA antang dan peduli akan lingkungan.

PKM ini diawali dengan melakukan perizinan dan sosialisasi. Selanjutnya dilakukan pelatihan dan pendampingan pengolahan ban bekas. Peneliti bertindak sebagai fasilitator yang mendatangkan ahli kerajinan yang mampu mengolah ban bekas menjadi barang siap guna. Kemudian dari sisi bisnis tim peneliti dalam pkm ini membuat media publikasi dan mengajarkan pada masyarakat model pamasaran produk secara online yaitu menggunakan google my business sebagai media promosi.

Produk yang dihasilkan yaitu beragam jenis mainan TK berupa ayunan, mobil-mobilan, motor-motoran dan kuda-kudaan, serta dihasilkan juga beberapa jenis aksesoris rumah antara lain burung angsa/bangau, tempat sampah dan tempat duduk.

Kegiatan PKM ini menambah pengetahuan dan keterampilan pemuda sekitar lokasi TPA antang. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *