Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNM Ajarkan Penggunaan Perpustakaan Berbasis IT

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM melaksanakan pengabdian terpadu dengan judul program kreativitas mahasiswa (PKM) yaitu Pelatihan Implementasi Panduan Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber belajar Masa Pandemi Covid-19 Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan Era Covid-19 yang pembukaan dan juga penyajian konsep teorinya di laksanakan pada tanggal 13 Juni 2021 di kota Malino Kabupaten Gowa.

Tim pelaksana pada PKM ini adalah dosen Universitas Negeri Makassar Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd dan Dr. H. Ruslan, M.Pd.

Adapun produk yang dihasilkan berupa jasa dalam bentuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber belajar Masa Pandemi Covid-19.

Tim pengabdi dalam hal ini Dr. Ruslan menututrkan bahwa di era covid-19 ini, beberapa materi pokok harus dipahami dan diketahui oleh peserta adalah dalam pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar utama dalam proses pembelajaran. Implementasi pembelajaran berbasis IT di era covid-19, konsep perpustakaan, konsep sumber belajar, peranan satuan Pendidikan dan guru dalam pembelajaran.

“Guru dan peserta didik harus mampu memahami implementasi pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi apa lagi di era Covid-19 kebanyakan kita lebih belajar daring” tuturnya.

Lanjut ia mengatakan perpustakaan merupakan jantung dari satuan Pendidikan, yang mana perpustakaan tersebut merupakan sumber belajar utama, khususnya Perpustakaan yang sudah berbasis IT atau berbasis online, termasuk Perpustakaan Universitas Negeri Makassar.

“Perpustakaan adalah sumber pengetahuan maka dari peserta didik harus bisa belajar di perpustakaan yang berbasis Informasi dan Teknologi seperti perpustakaan yang di miliki Universitas Negeri Makassar” Katanya.

Hj. Lu’mu Taris yang juga sebagai Ketua Tim Pengabdi ini menyampaikan bahwa ternyata peserta didik baru tau ternyata penggunaan perpustakaan berbasis Informasi dan Teknologi bisa memperkaya materi pelajaran dan buku-buku lainnya.

“Ini peserta didik baru na tau bahwa dengan memanfaatkan teknologi dan internet yang ada bisa mendapatkan materi pelajaran dan buku-buku” ujarnya.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bapak Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru dan masyarakat dalam meningkatkan kompetensinya di kabupaten Gowa Prov. Sulawesi Selatan. Yang pada akhirnya nanti akan berdampak pada peningkatan kompetensi para peserta didik di sekolah & madrasah.

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini, karean mereka merasa materi ini sangat penting untuk diajarkan bagi peserta didiknya di sekolah dan madrasah di kabupaten Gowa Prov. Sulawesi Selatan khususnya dalam masa vandemi covid-19.(kmr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *