PPM Terpadu LP2M UNM di Malino Gowa 2021 Libatkan Ratusan Guru, Aparat Desa, dan Kepala Sekolah

Pengabdian Masyarakat Terpadu yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Kabupaten Gowa, berlangsung beberapa waktu lalu. Pembukaan dilakukan secara offline.   
Hadir pada acara pembukaan Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) sekaligus membuka acara secara resmi.Nurismi, S.P. Camat Tinggi Moncong, Kapolsek Tinggi Moncong, Lurah Bulu Tanah, Lurah Malino, Kepala SMAN 4 Malino, Dra. Hj. Adliah, MH, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Gowa diwakili oleh Kepala Tata Usaha, yang sekaligus memberikan sambutan pada acara tersebut. Peserta dari Kabupaten Gowa yang hadir pada acara pembukaan ini sebanyak 225 orang.

Peserta ini berasal dari guru madrasah (MTs dan MA), Sekolah Dasar, SMA, aparat desa, kepala sekolah, dan seluruh undangan lainnya.

Ada beberapa orang ketua pelaksana Pengabdian Masyarakat Terpadu yang turut hadir pada pembukaan ini dengan materi masing-masing, yakni: 

1. Prof. Dr. Hj. Mantasiah R., M.Hum: PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Kelompok Guru & Kepala SMP Era Pandemi Copid-19 

2. Prof. Dr. Andi Kasmawati dan Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd: PKM Optimalisasi Peran Pusat Penelitian Gender dan Anak Dalam Menjaga Stabilitas Kesehatan Anak dalam Situasi Pandemi Covid-19

3. Dr. Hj. Syamsidah, M.Pd: PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru SMP/MTs, SMA/MA

4. Nur Anny Taufiq, Ph.D: PKM Pelatihan Pembuatan Saos Tomat Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga

5.  Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd: PKM Pelatihan Implementasi Panduan Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber belajar Masa Pandemi Covid-19

6. Dr. H. Ruslan, M.Pd : PKM Teknis Service Alat Listrik Rumah Tangga Bagi Masyarakat Masa Pandemi Covid-19

7.  Firdaus, S.Pd. M.Pd: PKM Workshop Penghematan dan Penggunaan Energi Listrik Bagi Warga

8. Dr. Arnidah, M.Pd: PKM Literasi Digital Kurikulum Tular Nalar 

Koordinator PPM Terpadu  Angkatan I Kabupaten Gowa yaitu Dr. Hj. Lu’mu Taris, M.Pd melaporkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 225 orang. Mereka terbagi dalam sembilan kelompok pelatihan. 

Pemateri dalam kegiatan ini adalah para ketua pengabdi dari dosen UNM yang mendapatkan surat tugas dari ketua LP2M UNM.

Ketua LP2M Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T. IAI, mengatakan bahwa PPM terpadu tahun 2021 ini dilakukan pertama kali di Kota Malino, Kabupaten Gowa.

Hal ini akan menjadi contoh untuk pelaksanaan PPM Terpadu di kabupaten lainnya. Kabupaten Gowa dipilih sebagai salah satu lokasi PPM Terpadu karena komitmen pemerintah, kepala madrasah, dan kepala sekolah yang tinggi untuk pengembangan kompetensi msyarakat dan guru-gurunya.

Hal ini terbukti dari banyaknya pendaftar calon peserta pelatihan, dan sambutan yang positif dari Camat Tinggi Moncong dan Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Kabupaten Gowa. 

Harapan Ketua LP2M adalah PPM terpadu semacam ini dilanjutkan secara berkesinambungan di Kabupaten Gowa. Hal ini disambut baik oleh Camat Tinggi Moncong dan Kakandepag Kabupaten Gowa. 

Kakandepag Kabupaten Gowa menjelaskan dalam sambutannya bahwa setiap madrasah memiliki dana untuk kegiatan peningkatan kompetensi guru-gurunya, yang nantinya akan dikerjasamakan dengan LP2M UNM.

Ketua KP2M UNM dalam sambutan menjelaskan bahwa kegiatan PPM Terpadu LP2M UNM dilakukan setiap tahun. Kabupaten Gowa terpilih menjadi lokasi pertama tahun 2021 ini. 

Kepala Pusat Pengabdinya Kepada Masyarakat dan TTG LP2M UNM Dr Hj.Syamsidah, M.Pd  engharapkan agar seluruh peserta dan pengabdi melakukan aktivitasnya dengan sungguh-sungguh untuk menghasilkan produk/ luaran  yang terbaik. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gowa yang telah bersedia menjadi lokasi dan menerima para dosen UNM untuk melakukan PPM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *