Prof Husain Syam Kunjungi Lokasi Pengabdian Masyarakat UNM di Pancana Barru

Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP, IPU, ASEAN, Eng mengunjungi kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu (PPM Terpadu) yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM di Desa Pancana Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, pada Minggu (27/6/2021).

Kabupaten Barru adalah daerah keempat dilaksanakannya Kegiatan PPM Terpadu tahun 2021 yang akan direncanakan pada lima belas kabupaten di Sul-Sel dan Sul-Bar. Kegiatan tersebut dihadiri Camat Taneterilau Akmaluddin, S.Stp, M. Si, Kades Pancana M. Idris T, Kades Corawali serta Kades Lasitae dan para Kepala Sekolah SD, SMP, SMK, SMA dan Madrasah Aliah (MA).

Sebelum itu, kegiatan tersebut diawali dengan penandatanganan kontrak kerjasama MOA antara Ketua LP2M UNM dengan Camat Tanete Rilau, para Kades, para Kepala Sekolah agar terciptanya sinergitas yang baik ke depan.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M UNM, Prof.Dr.Ir. H.Bakhrani A. Rauf, MT menyampaikan melalui kegiatan PPM terpadu tahun ini para guru-guru diberikan pencerahan dan bimbingan tentang pembelajaran daring sebagai kebutuhan di sekolah masing-masing.

Selain itu, Prof Bakhrani juga melaporkan bahwa untuk masyarakat setempat diberikan pembekalan keterampilan servis motor katinting, servis motor, kaligrafi, literasi digital, peningkatan hasil pertanian, senam kebugaran dalam pandemi covid-19, merias wajah, dan pembuatan kue-kue untuk bisa di produksi sebagai tambahan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Sementara, Rektor UNM, Prof. Husain Syam dalam sambutannya mengatakan bahwa PPM Terpadu merupakan komitmen pemerintah dan perguruan tinggi untuk pengembangan kompetensi masyarakat dan guru-guru di daerah.

Hal ini dibuktikan, kata guru besar dibidang pertanian itu, sebagai wujud apresiasi yang positif dari pemerintah setempat di Kabupaten Barru, Kepala Sekolah dan para guru-guru. Maka dari itu, ia berharap bahwa PPM terpadu ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan.

“Apa yang dilakukan para dosen dalam pengabdian kepada masyarakat agar benar-benar bisa memberikan perhatian khusus kepada masyarakat tentang kebutuhan apa yang sangat mendasar dalam mensejahterakan keluarganya, karena UNM selalu hadir sebagai kampus terbaik di Indonesia Timur,” ujarnya.

Usai kegiatan tersebut, dibagikan sertifikat kepada masing-masing peserta. Kehadiran Rektor UNM, Prof.Dr.Ir. H. Husain Syam, M.TP, IPU, ASEAN, Eng juga sebagai bukti kepeduliannya terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat).