TIM DOSEN UNM LATIH KELOMPOK TANI DI DESA PANCANA, BARRU

Tim Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), melatih para pengurus dan anggota Kelompok Tani di Desa Pancana, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Pelatihan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema “PKM Kelentingan Petani Melalui Penguatan Kelompok Tani” ini berlangsung di salah satu ruang kelas SMKN 2 Barru, pada Ahad, 27 Juni 2021.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, dalam sambutan pembukaan pelatihan PKM mengemukakan, program PPM Terpadu ini merupakan program diseminasi andalan teknologi tepat guna LP2M UNM, melalui jalinan sinergitas kerjasama yang baik antara UNM, Pemerintah Daerah, dan masyarakat. 

Sementara itu, Ketua Tim Pengabdi PKM, Dr. Firdaus W.Suhaeb, M.Si, mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Kelompok Tani dalam berorganisasi yang baik, sehingga para petani memiliki daya lenting ke depan dalam mengantisipasi perkembangan modernisasi pertanian.

“ Melalui pelatihan PPM ini, diharapkan, pengurus dan anggota Kelompok Tani, nantinya dapat memahami cara dan tujuan berkelompok atau berorganisasi yang baik. Termasuk, cara membuat visi, dan misi kelompok, cara membuat program, cara membuat aturan kelompok (AD/ART), hingga cara mengakses bantuan kelompok, cara mengakses kredit usahatani, atau permodalan ke Bank, dan lainnya,” terangnya.

Usai pelatihan, Kamaruddin, salah seorang peserta, mengungkapkan rasa puas. Pasalnya, dirinya dan peserta lainnya mendapat pengetahuan baru, dalam memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimiliki Kelompok Tani mereka.

Seperti diketahui, sebelum Pembukaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Terpadu Tahun 2021 angkatan ke empat tersebut, dilakukan pula penandatangan kerjasama MoA antara Ketua LP2M UNM dengan Camat Tanete Rilau, para Kepala Desa di Kecamatan Tanete Rilau, para Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/MAN di Kabupaten Barru. (wahyudin)