Dosen PTSP di Menggelar Workshop Pembelajaran Berfikir Kritis di SMKN 2 Makassar

Guru merupakan salah satu tokoh kunci dalam menunjang keberhasilan Pendidikan. Dalam menghasilkan lulusan yang bermutu, guru sangat diharapkan dapat memiliki kemampuan yang terus memberi semangat dan stimulus kepada peserta didiknya agar mereka mampu mengembangkan potensi dirinya. Salah satu potensi peserta didik yang perlu ditumbuhkembangkan adalah kemampuan berfikir kritis.
Satu diantara berbagai kelompok peserta didik yang sangat perlu meningkatkan kemampuan berfikir kritisnya adalah peserta didik pada Pendidikan menengah kejuruan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan Lembaga pendidikan yang menyiapkan lulusannya agar mampu bersaing menghadapi pasar kerja. Keterampilan berfikir kritis merupakan salah satu bentuk keterampilan abad 21 yang diharapkan mampu membekali peserta didik agar dapat memiliki daya saing yang kuat dalam menghadapi persaingan pasar kerja.

Sebagai bentuk tanggung jawab moral, tim pengabdi dari Universitas Negeri Makassar yang dipimpin oleh Dr. Anas Arfandi, M.Pd. beserta Prof. Dr. Purnamawati, M.Pd. dan Dr. Ir. Riana T. Mangesa, MT. melakukan workshop peningkatan kapasitas guru SMK dalam pembelajaran dan pengukuran keterampilan berfikir kritis siswa. Kegiatan ini berlangsung menggunakan metode bauran (blended), dimana sebagian kegiatan dilaksanakan secara daring dan Sebagian lainnya dilakukan secara luring yang dimulai pada 1 Juli 2021.
Prof. Dr. Ir. Bakhrani Rauf, MT. selaku ketua LP2M UNM berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah khususnya di SMK Negeri 2 Makassar. Selain itu, Guru Besar Fakultas Teknik ini juga sangat berharap agar kegiatan yang terkait dengan peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Kegiatan PKM tidak hanya berupa pemaparan materi, tetapi ditindaklanjuti dengan kegiatan pendampingan untuk mendapatkan hasilnya yang lebih optimal.
Sementara itu, Drs. H. Natsir, M.Si. selaku kepala SMK Negeri 2 Makassar sangat mengapresiasi kegiatan ini. SMK Negeri 2 Makassar senantiasa menjadi mitra UNM dalam pengembangan mutu Pendidikan, terutama mutu Pendidikan kejuruan. Mulai dari pelaksanaan PPL, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sebagai alumni Fakultas Teknik UNM, beliau juga berharap UNM dapat menjadi mitra strategis dalam menutupi kekurangan guru produktif SMK, terutama di SMK Negeri 2 Makassar mengingat banyaknya guru yang akan pensiun dalam beberapa tahun ke depan.

Dr. Anas Arfandi, M.Pd. yang juga menjadi pemateri dalam kegiatan ini membahas metode pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berfikir kritis. Selain itu, Ia pun menguraikan penyusunan soal dalam mengukur keterampilan berfikir taraf tinggi. Peserta yang merupakan guru jurusan elektronika dan listrik berdiskusi secara interaktif mengenai kendala yang dihadapi oleh guru di dalam pembelajaran. Keaktifan dan motivasi siswa menjadi suatu hal yang sangat penting dan perlu ditingkatkan secara terus menerus. Sebagai Alumni Stemzha (SMKN 2 Makassar skrg) Anas sangat berharap agar lulusan SMKN 2 Makassar memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, dapat mengembangkan diri jika ingin melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi, bahkan mampu membangun usaha yang dapat meningkatkan pendapatan dirinya dan mempekerjakan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *