Gelar PKM di Malino, Dosen FT UNM Melakukan Pelatihan Pembuatan Saos Tomat

Pandemi Virus Corono (Covid-19) sampai saat ini belum berakhir. Di Indonesia, grafik jumlah warga yang terjangkit virus tersebut semakin meningkat sehingga membuat sejumlah aktivitas manusia menjadi terhambat. Meski demikian, hal tersebut tidak menurunkan semangat dosen FT UNM untuk tetap menyebarkan pengetahuan yang bermanfaat kepada masyarakat di tengah pandemi ini.

Pasalnya, dosen FT UNM telah sukses mengelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Pembuatan Saos Tomat Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga”. Pengabdian tersebut dilaksanakan oleh tim dosen yang beranggotakan 3 orang yakni Nur Anny S. Taufieq, Ph.D., Ratnawati Tawani, M.Hum. dan Dr. Irma Aswani Ahmad. Kegiatan tersebut berlokasi di Kota Malino dan dilaksanakan pada medio Juni 2021.

Kota Malino di Kabupaten Gowa dikenal sebagai salah satu kota penghasil buah-buahan yang melimpah. Salah satu buah yang banyak ditemui yakni buah tomat. Akan tetapi, buah tersebut memiliki daya simpan yang cukup singkat sehingga buah tersebut cepat rusak dan terbuang percuma. Dengan adanya permasalahan tersebut mendorong dosen FT UNM untuk melakukan kegiatan PKM tersebut. Peserta yang merupakan ibu rumah tangga sangat antusias mengikuti kegiatan PKM karena dapat memanfaatkan buah tomat menjadi produk yang bernilai ekonomis dan dapat digunakan sebagai pengganti saos tomat yang banyak beredar di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *