LP2M UNM Berbagi Pengetahuan dan Keterampilan Seni Tari Dengan Komunitas Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) PHKOM Turilenrang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LP2M) UNM melaksanakan Pengabdian Terpadu dalam program PKM dengan judul Pelatihan Tari Pakarena Sambori’na bagi Perempuan Aliansi Masyarakat Adat PHKOM Turilenrang di Kabupaten Gowa. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 13 Juni 2021 di Taman Edukasi dan Tanaman Herbal Arangngangia, kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa.

Tim pelaksana pada kegiatan tersebut  adalah dosen Seni Tari dan Seni Musik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, yakni Dr. Nurwahidah, S. Pd., M. Hum. (dosen seni tari)  sebagai ketua pelaksana kegiatan bersama Sri Wahyuni Mukhtar, S. Pd., M. Sn. (dosen music FSD UNM).

Dr. Nurwahidah, S. Pd., M. Hum mengemukakan bahwa produk yang dihasilkan dalam kegiatan ini berupa jasa dalam bentuk berbagi pengetahuan dan keterampilan menari tari tradisional etnis Makassar bagi perempuan AMAN PHKOM Turilenrang,  sebagai salah satu bentuk pengenalan kearifan local yang tidak hanya mendiskursuskan tentang skill/teknik/bentuk (keterampilan menari) semata, melainkan juga sebagai bentuk penyadaran bagi perempuan  tentang symbol, makna, dan nilai dari gerak tari tradisional Pakarena Sambori’na yang sarat akan falsafah/ajaran tentang etnis Makassar, khusunya  penyadaran tentang konsep-konsep perempuan dalam Pakarena yang menjadi identitas bagi perempuan etnis Makassar.

Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi perempuan, anak, dan remaja dalam rangka melatih skill kepenarian, sekaligus melatih mentality (sikap mental) terutama kesabaran, kedisiplinan, dan tanggung jawab melalui tari. Hal ini tentunya merupakan salah satu bentuk edukasi awal bagi perempuan dalam menyiapkan diri menghadapi hidup dan penghidupan dengan berbagai macam tantangan dan problemanya, sehingga diharapkan dapat surfive dalam berbagi bentuk turbulence kehidupan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prof. Dr. Ir.Bakhrani A. Rauf, M. T., dalam sambutannya menegaskan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu program andalan bagi LP2M dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat  terutama bagi perempuan, anak, dan remaja terhadap seni dan budaya, sebagai salah satu pilar menghargai keberagaman seni dan budaya, sebagai wujud kesatuan dalam penguatan NKRI.

Terlihat antusiasme masyarakat mengikuti kegiatn ini, sebagaimana disampaikan oleh Hasrawati Ketua Komunitas Perempuan AMAN PHKOM Turilenrang dan Muhlis Paraja Ketua BPHD AMAN Gowa, bahwa seandainya ibu dosen tidak memiliki kesibukan lain, sangat berterimakasih jika sering-sering menyambangi kami di Arangngangia. Kegiatan ini tercatat dalam sejarah di Taman Edukasi dan Tanaman Herbal Arangngangia bahwa ini adalah kali pertama mendengar alunan music dan gendang serta Gerakan tari yang luar biasa yang dilantunkan langsung oleh para Maestro.

Hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua LP2M UNM, Tim Pengabdi, Kepala Sekolah MTS desa Pao, Maestro Gendang Pakarena Dg. Serang Dakko, Muhammad Suyudi, S. Pd., M. Pd. (Dosen LB Seni Rupa FSD UNM), Muhlis Paraja (Ketua Komunitas Sekolah Adat Bowonglangit di dusun Pattallassang Desa Pao), Hasrawati (Ketua Komunitas Perempuan AMAN PHKOM Turilenrang), Nasrullah (Ketua Komunitas Sekolah pangngadakkang Pattaneang di dusun Mapung Desa Tabbinjai), Muswahyuddin (Ketua Komunitas Sekolah Adat Barakkana Balassuka Dusun Benga Desa Balassuka), dan anggota Komunitas Perempuan AMAN PHKOM Turilenrang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *