Pelatihan Lagu Edukasi Anak Indonesia Terhadap Guru SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar telah menggelar kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat pada tanggal 8 Juni 2021 di Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar, kegiatan tersebut berupa pelatihan lagu edukasi anak Indonesia terhadap guru SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Tim pengabdian terdiri dari ketua pelaksana Sri Wahyuni Muhtar, S.Pd, M.Sn. atau Yuni KDI dengan kedua anggota Dr. Jamilah, M.Sn. dan Dr. Nurwahidah, M.Hum. berkolaborasi memberikan edukasi sebagai persiapan guru dalam pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah mulai Juli 2021 nanti. Pelatihan tersebut menghasilkan penambahan keterampilan guru bernyanyi lagu edukasi anak untuk siswa dapat mematuhi protokol kesehatan di sekolah melalui media yang menyenangkan.

Tim pengabdian terlebih dahulu memberikan penjelasan terkait kegiatan dan tujuan mengadakan pelatihan, selanjutnya guru diberikan materi pemanasan suara. Dalam istilah musik lebih dikenal dengan kata vocalizing atau warm-up, melodi yang digunakan cukup beragam mulai dari kwintprime, dan septime. Nada tersebut dieksplorasi mulai dari do, re, mi, fa, sol, la menggunakan “solmisasi” hingga penggunaan huruf vokal agar rongga mulut dan  pita suara siap untuk bernyanyi. Saat penyampaian materi vocalizing tim pengabdian dibantu oleh iringan musik keyboard dengan jenis file mp4. Hal tersebut membantu guru dalam mengikuti demonstrasi melodis yang dilakukan tim pengabdian.

Langkah selanjutnya, beralih pada materi lagu yang diberikan kepada guru. Tim pengabdian memberikan contoh lagu yang dapat digunakan untuk mengedukasi siswa nantinya, keterampilan bernyanyi guru dipandu juga oleh iringan midi yang diputarkan di kelas. Salah satu bagian lirik lagu yang dinyanyikan disertai gerakan tangan selama 20 detik yaitu

Cuci telapak tangan

Juga disela jari

Putar ujung jarinya,

Hey… mappakkoe

Demonstrasi lagu yang dinyanyikan kemudian dilanjutkan dengan pembagian partitur notasi angka agar memudahkan guru dalam bernyanyi dan berlatih bersama, partitur tersebut merupakan lagu yang mengandung lirik edukasi cara mencuci tangan dengan benar, demonstrasi notasi lagu dinyanyikan secara “solmisasi” dan diikuti langsung oleh guru. Kemudian dimasukkan syair atau nyanyian lirik lagu edukasi anak. Foto berikut menggambarkan suasana latihan guru membaca partitur lagu yang dipandu oleh tim pengabdian bernyanyi bersama. 

Guru SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga Makassar mengikuti melodi nyanyian yang didemonstrasikan oleh tim pengabdian, hal tersebut dilakukan berulang-ulang agar guru dapat menguasai lagu dengan teknik vokal yang baik dalam bernyanyi lagu edukasi anak. Pelatihan juga dilakukan dengan mengarahkan setiap guru bernyanyi dengan melodi dan tempo yang tepat, selain partitur juga iringan musik membantu guru dalam meningkatkan keterampilan bernyanyi lagu edukasi yang akan diteruskan ke siswa nantinya. Pelatihan dilanjutkan pada tahap evaluasi guru dengan bernyanyi bersama tanpa bimbingan ketua pelaksana, hasilnya para guru dapat bernyanyi dengan menggunakan unsur-unsur musik yang tepat. Produksi suara yang dikeluarkan mencapai harmonisasi sesuai dengan iringan musik yang didengarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *