PKM Pelatihan Membuat Konstruksi Penjernih Air Untuk Mencuci Tangan dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Desa Betao Riase Kabupaten Sidenreng Rappang

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan  Fakultas Teknik Univesitas Negeri Makassar  melakukan pelatihan membuatKonstruksi Penjernih Air untuk mencuci tangan dalam upaya pencegahan covid-19 di desa Betao Riase Kabupaten Sidenreng Rappang. Pelatihan tersebut dilakukan melalui kegiatan Penelitian dan Pengabadian kepada Masyarakat Univesitas Negeri Makassar (LP2M UNM) tahun 2021.

Menurut ketua pelaksana kegiatan Drs. Panennungi T., M.T. dan anggota pelaksana  Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T., materi pelatihan meliputi desain Konstruksi Penjerniah Air dan sekaligus melatih melakukan pembuatan Konstruksi Penjernih Air kepada masyarat mitra.

Ketua LP2M UNM Bapak Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T. menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Pengabdi kepada masyarakat dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan  melalui LP2M UNM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan kita bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran  Covid-19. 

Pelatihan ini sangat direspon oleh pemerintah setempat dalam hal ini Kepala Desa Betao Riase Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidrap. Hal ini mengingat bahwa pada musin kering masyarakat di Desa ini mengambil air dari sumur bor yang airnya keruh. Adanya konstruksi penjernih air ini sangat memungkinkan kebutuhan air masyarakat sehari-hari akan terpenuhi, termasuk untuk keperluan  mencuci tangan guna pencegahan Covid-19.

Editor: Zainuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *