Prodi BK UNM Gelar PKM Pengembangan Life Skill dan Pencegahan Pernikahan Anak

 Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 Juni dan dibuka Ketua UTBK UNM, Dr. Abdullah Sinring, M.Pd., yang dilaksanakan secara luring dan daring dan tetap mengacu pada protokol kesehatan saat pandemic covid-19.

Seminar tersebut dilaksanakan jurusan Psikologi Pendidikan bersama Unit Pelayan Teknis Bimibngan dan Konseling Universitas Negeri Makassar, serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM yang bekerja sama dengan Forum Anak Hasanuddin Tamalajjua Kabupaten Gowa dibawah Kordinasi Dinas Pelindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Gowa.

Pelaksanaan PKM ini terdiri dari tiga bentuk kegiatan yang pertama “Pelatihan Bimbingan Life Skill” yang dikordinatori Drs. Muhammad Anas, M.Si dan Akhmad Harum, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan PKM yang kedua adalah “Pelatihan Edukasi Pencegahan Pernikahan Anak” yang dikordinatori Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd dan Suciani Latif, S.Pd., M.Pd. Kegiatan

PKM ketiga adalah “Bimbingan Karir Masa Depan” yang dikordinatori oleh Dr. Abdullah SInring, M.Pd dan Nur Fadhilah Umar, S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutannya, Ketua UTBK UNM. Sabtu (19/6/2021) mengatakan bahwa pengembangan life skill dan mencegah pernikahan anak menjadi upaya yang penting dalam membantu anak suskses di masa depan.

Selama Pandemi covid-19, pernikahan anak semakin meningkat dan menjadi PR bagi dunia pendidikan termasuk masalah rendahnya life skill dalam belajar mengakibatkan anak mengalami stress belajar selama study from home (SFH).

“Oleh karena itu, dengan upaya mencegah pernikahan anak, dan bimibngan life skill menjadi beberapa upaya dalam mendorong kesuksesan anak dimasa depan.” Kata Ketua UTBK UNM

Sementara itu Ketua Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan UNM mengatakan bahwa acara yang dihelat ini sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan merupakan hasil deseminasi dari penelitian dosen di PT.

“Pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mendorong pengembangan pribadi social bagi peserta didik khususnya pada pengurus forum anak, sehingga mereka dapat menularkan kegiatan positive bagi lingkungannya.” Kata dia.

Diketahui bahwa kegiatan PKM ini juga dihadiri pengurus forum anak yang terdiri daro 78 peserta dari berbagai sekolah SMP dan SMA di Kabupaten Gowa.

Adapun hasil kegiatan PKM ini disambut antusias tinggi dari anak-anak forum FAHASTA Gowa dimana tindak lanjutnya adalah pelaksanaan kegiaatan bimbingan life skill, pra-nikah dan karir masa depan secara luring oleh mahasiswa MBKM Program Kemanusiaan di Prodi Bimibngan dan Konseling, Universitas Negeri Makassar. (*/)