Tiga Kegiatan di PKM Prodi Bimbingan dan Konseling UNM

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kembali diselenggarakan Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar serta Unit Pelayanan Teknis Bimbingan dan Konseling UNM, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM. Kegiatan ini bekerja sama Forum Anak Hasanuddin Tamalajjua (Fahasta), Kabupaten Gowa di bawah Koordinasi Dinas Pelindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kabupaten Gowa. Seminar secara luring dan daring yang menerapkan protokol kesehatan, berlangsung Selasa (19/6/2021).

Pelaksanaan PKM ini terdiri dari tiga bentuk kegiatan. Pertama Pelatihan Bimbingan Life Skill yang dikordinatori oleh Drs Muhammad Anas,MSi dan Akhmad Harum,SPd,MPd. Kegiatan kedua adalah Pelatihan Edukasi Pencegahan Pernikahan Anak yang dikordinatori oleh Nur Fadhilah Umar,SPd, M.Pd dan Suciani Latif,SPd,MPd. Ketiga, yakni Bimbingan Karir Masa Depan yang dikordinatori Dr Abdullah Sinring,MPd dan Nur Fadhilah Umar,SPd,MPd.

Even ini dilaksanakan 19-20 Juni. Seminar dibuka Ketua UTBK UNM Dr Abdullah Sinring,MPd. Dalam sambutannya, Abdullah mengatakan bahwa pengembangan life skill dan mencegah pernikahan anak menjadi upaya yang penting dalam membantu anak suskses di masa depan.

”Selama pandemi covid-19, pernikahan anak semakin meningkat dan menjadi PR bagi dunia pendidikan. Termasuk masalah rendahnya life skill dalam belajar mengakibatkan anak mengalami stres belajar selama study from home (SFH). Oleh karena itu, dengan upaya mencegah pernikahan anak, dan bimbingan life skill menjadi beberapa upaya dalam mendorong kesuksesan anak di masa depan,” ujanya.

Ketua Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makasar, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai bagian pengabdian kepada masyarakat, merupakan hasil deseminasi dari penelitian dosen di PT dan dilaksanakan untuk mendorong pengembangan pribadi sosial bagi peserta didik khususnya pada pengurus forum anak, sehingga mereka dapat menularkan kegiatan positif bagi lingkungannya.

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh pengurus forum anak yang terdiri dari 78 peserta dari berbagai sekolah SMP dan SMA di Kabupaten Gowa. Hasil kegiatan PKM ini disambut antusias anak-anak dari Fahasta Gowa, yang tindak lanjutnya adalah pelaksanaan kegiatan bimbingan lifeskill, pranikah dan karir masa depan secara luring oleh mahasiswa MBKM program kemanusiaan di Prodi Bimbingan dan Konseling UNM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *