CITIZEN REPORTER: UNM Makassar Gelar Workshop Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional dan Indeksasi DOAJ

Workshop Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional dan Indeksasi DOAJ UNM
Muh Ilham Bakhtiar (Tim Pusat Publikasi dan HKI LP2M UNM Melaporkan dari Makassar

Pusat Publikasi dan HKI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan workshop peningkatan kualitas pengelolaan jurnal ilmiah terakreditasi Nasional ecara daring/Online, Sabtu (05/06/2021).

Acara ini diikuti 57 peserta dari berbagai pengelola jurnal.

Workshop ini dibuka langsung oleh Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Bakhrani Rauf MT didampingi Kepala Pusat Publikasi & HKI LP2M Amrullah, M.Ed.P.hD selaku penanggung jawab pelaksanaan kegiatan.

“Ketua LP2M UNM mengharapkan kegiatan ini menjadi wadah keilmiah dan memotivasi pengelola untuk dapan menghasilkan artikel dan jurnal yang berkualitas baik, dengan ditandai banyaknya jurnal yang terakreditasi dan terindeks di pengindeks nasional dan internasiona,” kata Prof Bakhrani Rauf dalam sambutannya.

Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam tiga sesi dengan narasumber yang sangat berkompetendi bidang pengelolaan dan publikasi jurnal.

Mereka adalah Amirullah, M.Ed.,Ph.D dengan materi Index Jurnal Internasional Scopus selaku ketua Pusat Publikasi & HKI UNM, Andi Anto Patak, M.Pd.Ph.D dengan materi Bagaimana editor melihat artikel yang baik.

Kemudian dilanjutkan sesi kedua dengan narasumber Dr. bakhtiar, S.Pd. M.Pd materi Mempersiapkan pembuatan jurnal baru dan Yusri S.Pd.M.Pd dengan materi Manajemen Penerbitan Jurnal Ilmiah.

Selanjutnya, sesi III setelah dhuhur dengan narasumber Dr. Ramlan Mahmud, M,Pd materi Persiapan akreditasi dan reakreditasi jurnal ilmiah dan Muh Ilham bakhtiar, S.Pd.M.Pd dengan matei Indeksasi Jurnal di DOAJ.

“Salah satu indikator pemeringkat PT dilihat dari jumlah banyaknya jurnal terakreditasi di Perguruan Tinggi,  hingga saat ini UNM baru memiliki 37 jurnal terakreditasi, 1 terindeks Scopus dan 1 terindeks WoS”, kata Amirullah, M.Ed.Ph.D saat memberi sambutan.

Di kesempatan itu, Amirullah mengharapkan para pengelola mencari artikel, editor dan reviewer dari berbagai PT dan berbagai negara agar menjadi bahan dalam meningkatkan akreditasi jurnal dan menginternasionalisasikan jurnal pada lingkup UNM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *