UNM Gelar Workshop Peningkatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional

UNM Gelar Workshop Peningkatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional

Mendorong Peningkatan Pengelolaan Jurnal Ilmiah di lingkup Universitas Negeri Makassar (UNM), Maka Pusat Publikasi dan HKI Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM menyelenggarakan workshop peningkatan kualitas Pengelolaan jurnal ilmiah terakreditasi Nasional pada hari sabtu, 05 Juni 2021 secara daring/Online dan diikuti 57 Peserta dari berbagai pengelola jurnal, Sabtu, (05/06/2021).

Workshop Peningkatan Pengelolaan Jurnal dibuka langsung oleh Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Bakhrani Rauf MT didampingi Kepala Pusat Publikasi & HKI LP2M Amrullah, M.Ed.P.hD selaku penanggung jawab pelaksanaan kegiatan.

“Ketua LP2M UNM mengharapkan kegiatan ini menjadi wadah keilmiah dan memotivasi pengelola untuk dapan menghasilkan artikel dan jurnal yang berkualitas baik, dengan ditandai banyaknya jurnal yang terakreditasi dan terindex di pengindex nasional dan internasional”. Ungkap Prof Bakhrani Rauf dalam sambutannya (05/06/2021).

Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam tiga sesi dengan narasumber yang sangat berkompetendi bidang pengelolaan dan publikasi jurnal, yaitu Amirullah, M.Ed.,Ph.D dengan materi Index Jurnal Internasional Scopus selaku ketua Pusat Publikasi & HKI UNM, Andi Anto Patak, M.Pd.Ph.D dengan materi Bagaimana editor melihat artikel yang baik.

Kemudian dilanjutkan sesi kedua dengan narasumber Dr. bakhtiar, S.Pd. M.Pd materi Mempersiapkan pembuatan jurnal baru dan Yusri S.Pd.M.Pd dengan materi Manajemen Penerbitan Jurnal Ilmiah, dilanjutkan sesi III setelah Ba’da duhur dengan narasumber Dr. Ramlan Mahmud, M,Pd materi Persiapan akreditasi dan reakreditasi jurnal ilmiah dan Muh Ilham bakhtiar, S.Pd.M.Pd dengan matei Indeksasi Jurnal di DOAJ.

“Salah satu indikator pemeringkat PT dilihat dari jumlah banyaknya jurnal terakreditasi di Perguruan Tinggi, hingga saat ini UNM baru memiliki 37 jurnal terakreditasi, 1 terindex Scopus dan 1 terindex WoS”, ungkap Amirullah, M.Ed.Ph.D dalam sabutannya (05/06/2021).

Amirullah mengharapkan para pengelola mencari artikel, editor dan reviewer dari berbagai PT dan berbagai Negara agar menjadi bahan dalam meningkatkan akreditasi jurnal dan menginternasionalisasikan jurnal pada lingkup UNM

“Diharapkan jurnal yang ada kita dorong untuk dikelola dengan standar jurnal internasional, dapat dimulai dengan nama jurnalnya dan artikel yang diterbitkan berbahasa Indonesia. Selain itu upaya yang dilakukan dengan membangun jejarin dan kerjasama dari berbagai PT baik di Indonesia maupun dari luar negeri,” terangnya, Sabtu, (05/06/2021).

Untuk dapat terakreditasi, sebuah jurnal harus memenuhi berusia 2 tahun dan memiliki e-ISSN kemudian memenuhi 8 komponen penilaian akreditasi yaitu mulai dari penamaan, Kelembagaan penerbit, Penyuntingan dan manajemen Jurnal, Substansi Artikel, Gaya Penulisan, Penampilan, Keberkalaan dan Penyebarluasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *