PKM UNM Optimalisasi Perpustakaan Kampung Nelayan, Wujud Gerakan Literasi Masyarakat

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar (UNM) dipimpin Dr. Idham Irwansyah Idrus, bersama Mario, S.Sos., M.Si dan Mauliadi Ramli, S.Sos., M.Sosio, laksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kampung Nelayan Untia Makassar, Kamis (26 Agustus 2021).

Kegiatan bertema ”Gerakan Literasi Masyarakat” ini menitikberatkan optimalisasi perpustakaan yang berdiri sejak
2019. Pelaksanannya di pelataran Perpustakaan Kampung Nelayan. Hadir 26 orang, terdiri pengelola perpustakaan, generasi muda, kader KB, dan mahasiswa.

Idham Irwansyah menjelaskan, ini tindak lanjut kegiatan sejenis tahun lalu di tempat ini. Tahun sebelumnya mengangkat tema Gerakan Literasi Keluarga (GLK), kali ini Gerakan Literasi Masyarakat (GLM).

Selain paparkan materi terkait GLM, juga berlangsung pelatihan pengelolaan perpustakaan 2 orang Pustakawan dari Perpustakaan UNM.

”Kami juga menyalurkan sumbangan buku dari beberapa penerbit dan dosen FIS-H UNM untuk Perpustakaan Kampung Nelayan,” ujar Idham.

Dinasuddin Bundu, Ketua LPM Kelurahan Untia, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, sangat berterimakasih pada Tim PKM UNM yang memilih Kampung Nelayan Untia sebagai tempat berkegiatan.

”Kami berharap selalu mendapat pendampingan ke depan, utamanya dalam pengelolaan perpustakaan, karena terus terang kami masih buta terkait hal ini. Terlebih TIM PKM sudah bersedia memfasilitasi penambahan koleksi buku dari berbagai sumber.” kata Dinasuddin.

Usai pembukaan berlangsung penyerahan buku sumbangan dari penerbit dan dosen kepada pengelola Perpustakaan Nelayan.

Bahan bacaan tersebut diserahkan Idham Irwansyah dan diterima Dinasuddin. Dilanjutkan pemaparan materi GLM oleh Idham Irwansyah.
Selanjutnya pemaparan materi pengelolaan perpustakaan, Amaluddin Zaihal, S.Sos., M.Hum (Koordinator Pustakawan UNM). Praktek pengelolaan perpustakaan oleh ibu Mutmainnah Kudu, S.I.P kepada para peserta utamanya pengelola perpustakaan.

Kegiatan diakhiri dengan mengadakan aneka lomba, games yang terkait literasi bagi peserta dan anak-anak warga Kampung Nelayan Untia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *