LP2M UNM Bina Warga Soppeng Membuat Drainase Pengaliran Air Kotor

KABAR-SATU,SOPPENG — Tim Dosen Pengabdi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM), melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), di Desa Rompegading,Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng.

Ketua Pengabdi Dr. Ayuddin mengatakan, Pengabdian yang dilakukan, untuk memberikan solusi praktis, agar pemilik rumah panggung memiliki model drainase pengaliran air kotor, dari panggung yang langsung dialirkan ke drainase saluran terpusat yang sudah dirancang.

Menurutnya, Air kotor dari panggung langsung ke tanah, tanpa pengaliran pembuangannya, akan menimbulkan efek negatif, seperti, bau tidak sedap, megaliri dan menganggu rumah di sekitar.

“Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan solusi praktis, agar pemilik rumah panggung memiliki model drainase pengaliran air kotor dari panggung yang langsung dialirkan ke saluran terpusat yang sudah dirancang,”jelas Ayuddin.

Dengan di adakanya pelatihan itu, ia berharap hasilnya dapat memberikan solusi nyata bagi pemilik rumah panggung.

Sehingga sambungnya, pembuangan air kotornya, tidak lagi terbuang langsung ke tanah, juga tidak menimbulkan lagi rasa bau yang menyengat.

Sementara Koordinator Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd menyebutkan, hasil kegiatan yang dilaksanakan sangat membantu pemilik rumah panggung.pasalnya, kotoran yang di buang sudah terarah langsung ke drainase.

Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT selaku Ketua LP2M UNM menambahkan, kegiatan yang dilakukan tim dosen pengabdi, merupakan salah satu bentuk dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di laksanakan UNM.

“Terima kasih atas semangat Tim Pengabdi UNM yang tidak berhenti melakukan kegiatan mengabdi hanya karena kondisi Covid-19.”ujar Guru besar Fakultas Teknik yang juga salah satu Putra asal Soppeng ini.

Sekedar diketahui, adapun Tim Pengabdi diantaranya Dr. Ir. Ayuddin., S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng, sebagai ketua, Prof. Dr. H. Muhammad Ardi., M.S., dan Dr. Faizal Amir., M.Pd sebagai anggota. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *