Pelaksanaan PKM terpadu oleh Dosen UNM di Desa Rompegading di masa Pandemi

SOPPENG – Di masa keadaan bangsa masih menghadapi pandemi Covid-19, kegiatan Tim Dosen Pengabdi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNM tetap mengaplikasikan program-program dalam bentuk Program Kegiatan Masyarakat (PKM) terpadu. 

PKM Terpadu tahun ini meliputi banyak kegiatan di antaranya Pelatihan Teknisi Telepon Selular Untuk Meningkatkan Kemampuan Kemandirian dalam situasi pandemi. Kegiatan yang diketuai oleh Putri Ida Sunaryathy Samad, S.T., M.Si., Ph.D ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk tetap dapat berkarya dan menambah  penghasilan di tengah kondisi pembatasan kegiatan dan usaha  karena adanya virus corona. Karena seperti yang kita ketahui sejak ada pandemi, banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Pandemi memberi dampak yang besar pada kondisi ekonomi dan sosial masyarakat. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Rompegading Kab. Soppeng pada tanggal 19-21 Juni 2021 ini mendapatkan respon  positif dari Kepala Desa Rompegading Sakmawaty, SE., MM beserta masyarakat desa terutama remaja-remaja mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dengan antusias peserta pada saat kegiatan terlaksana. 

Koordinator kegiatan PKM Terpadu Desa Rompegading Drs. Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd mengharapkan kegiatan ini dapat memberi semangat kepada warga supaya jangan menyerah dengan keadaan. Warga harus tetap kreatif dalam menyiasati keadaan supaya tetap dapat menambah income keluarga/masyarakat di Desa Rompegading.  

Di kesempatan yang sama, Ketua lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prof.Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT menyampaikan amanat Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M. TP, IPU, yang mengatakan bahwa meski dalam kondisi pandemi Covid-19, pengabdian harus tetap berjalan dengan penuh inovasi dan kreativitas sebagai bentuk nyata dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *