PKM Pelatihan Teknik Self-Management bagi Guru BK dalam menghadapi Era New Normal di Sekolah

Lembaga Penlitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang merupakan salah satu dari wujud tri dharma perguruan tinggi yang diemban oleh dosen.  Dalam kegiatan ini dosen program studi bimbingan dan konseling UNM Makassar yang bekerjasama dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling kota Bantaeng telah melaksanakan PKM yang mengusung tema “Pelatihan Teknik Self-Management Bagi Guru BK dalam Menghadapi Era New Normal di Sekolah” diketuai oleh Dr. Purwaka Hadi, M.Pd.

PKM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 di SMP Negeri 3 Bissapu dengan menghadirkan peserta yang sebanyak yaitu 32 orang peserta yakni guru BK. Materi yang dipaparkan pada PKM ini sangat menarik antusias para peserta mengingat di era new normal ini tentunya ada beberapa tantangan yang harus di hadapi khusunya pada guru BK.

Dr. Purwaka Hadi, M.Pd selaku pemateri membawakan materi self-menagement bagi guru BK dalam mempersiapkan siswa menghadapi era new normal di sekolah. Kabupaten Bantaeng saat ini memasuki fase setelah pandemic yaitu Era New Normal. Penerapan era new normal pada bidang pendidikan merupakan hal yang sedang ramai di perbincangkan karena banyaknya resiko yang terjadi jika berkumpul di sekolah dan akan menghadirkan suasana baru terhadap guru dan siswa sehingga membutuhkan penyesuaian diri dengan kebiasaan-kebiasaan baik dari jadwal hingga interaksi sosial nantinya. Penyesuaian diri sebagai upaya mencapai kebahagiaan mental. Pemateri kemudian menekankan bahwa strategi yang dapat diterapkan guru BK untuk membantu siswa adalah self-management sehingga di perlukan pelatihan konseling self-manajement bagi guru BK dalam mempersiapkan siswa menghadapi era new normal.

Pelaksanaan PKM ini  menambah pengetahuan dan membuka wawasan bagi Guru BK. Banyak peserta diantarnya cukup aktif dalam memberikan umpan balik kepada pemateri. Kepala dinas pendidikan yang membuka kegiatan PKM ini sangat mengapresiasi materi yang di sajikan dan berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini dan dengan materi yang sangat manarik tentunya akan membuat guru BK menjadi semakin bersemangat untuk menambah pengetahuannya menjadi guru BK yang sigap mempersiapkan siswa dalam menghadapi era normal nantinya. Silaturahmi kekeluargaan antara guru BK di kabupaten Bantaeng juga ikut terjalin yang merupakan salah satu tujuan pula adanya kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *