Prodi Manajemen FEB UNM Gelar Pengabdian Pada Masyarakat, Para Peserta: Terima Kasih untuk Sinergi Positifnya


Suasana Dr. Anwar, S.E., M.Si memberikan materi di sela-sela rangkaian kegiatan PPM yang digelar oleh Prodi Manajemen FEB UNM di Tindalun, Enrekang (AWK/IST)

Para dosen Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar (FEB UNM) bekerjasama dengan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bamba Puang Indah dan aparatur Desa Tindalun, Kecamatan Anggreraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, melakukan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Desa Tindalun. PPM yang diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 18-19 September 2021 itu meliputi kegiatan penyuluhan dan pelatihan keterampilan.

Pada hari pertama diadakan beberapa materi penyuluhan, yaitu: “Manajemen Strategi Pada Usaha Tani” dibawakan oleh Dr. Anwar, S.E., M.Si. dan “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dengan Pelatihan Keterampilan dan Motivasi Kewirausahaan” dibawakan oleh Dr. Agung W Kurniawan, S.T., M.M., kemudian dilanjutkan dengan materi pelatihan “Pemanfaatan Daun Kelor Menjadi Minuman Herbal” dibawakan oleh Nurman, S.E., M.Si.


Tampak Nurman, S.E., M.Si. salah seorang dosen FEB UNM memaparkan materi pelatihannya (AWK/IST)

Pada hari kedua diadakan pelatihan keterampilan, yaitu: “Membuat Kerajinan Tangan Dari Limbah (Bonggol) Jagung” dibawakan oleh Uhud Darmawan Natsir, S.E., M.Si., “Pemanfaatan Limbah Kulit Jagung Menjadi Produk Kreatif” dibawakan oleh Rahmat Riwayat Abadi, S.E., M.Si., dan ditutup dengan “Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona” dibawakan oleh M. Ilham Wardana H., S.E., M.Mkt.Mgt., dan Muhammad Ichwan Musa, S.E., M.Si., dengan materi “Mensosialisasikan Manfaat Berwirausaha Untuk Ibu Rumah Tangga”.

Sementara itu, pendiri LKP Bamba Puang Indah, Hj. Saddiah, S.Pd. mengatakan, dirinya sangat menyambut baik menjalin kerja sama dengan UNM mengingat kegiatan pelatihan dan keterampilan sangat penting. “Masyarakat di Desa Tindalun ini membutuhkan motivasi untuk mengembangkan diri, terutama ibu-ibu rumah tangga. Selama ini kegiatan kami hanya pelatihan/ kursus menjahit saja. Dengan adanya kegiatan PPM ini alhamdulillah keterampilan dan motivasi kami dapat bertambah,” kata Hj, Saddiah.


Ketua Prodi Manajemen, Dr. Agung Widhi Kurniawan, S.T., M.M. tengah memberikan pidato penutupan kegiatan (WID/IST)

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan PPM ini, dan berharap bisa dilaksanakan kembali tahun depan. “Kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait tentang materi-materi apa saja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa dan potensi apa saja yang ada di desa ini yang dapat dikembangkan, agar kegiatan dapat tepat sasaran dan berdampak positif bagi masyarakat sehingga diharapkan Desa Tindalun dapat menjadi desa binaan Prodi Manajemen FEB UNM ke depannya” pungkas Dr. Agung Widhi Kurniawan, S.T., M.M. selaku Ketua Prodi Manajemen FEB UNM. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *