Penggunaan Media Gamifikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di MGBK Kabupaten Majene

Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah,TIM Pengabdian Fakultas Ilmu Pendidikan UNM menyeenggarakan PKM Pelatihan Perangkat Media Gamifikasi untuk layanan Bimbingan dan Konseling bagi MGBK Kabupaten Majene, pada tanggal 11 September 2022 di Aula kamtor Dinas Pendidikan Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru Bimbingan dan Konseling untuk tingkat SMP/SMA dan SMK sekabupaten Majene termasuk ada dari Guru BK SMA Kabupaten Mamuju dan Polman yang hadir dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang.

“Tujuan kegiatan ini untuk menambah wawan para guru-guru BK dalam memanfaatkan berbagai media digital di era sekarang ini, Guru BK semakin tertantang untuk memanfaatkan flatfon digital baik online maupun ofline agar layanan BK semakin menarik dan menyenangkan “Ungkap Abdul Saman dalam sambutannya

Gamifikasi digunakandalam layanan bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan elemen game, berarti bukan bermain game,namun elemennya di integrasikan kedalam kegiatan layanan yang direncanakan sehingga siswa semakin termotivasi untuk terlibat aktif dalam layanan yang dilaksanakan. Lanjut Abdul saman dalam menyampaikan materi PKM

Elemen Game yang diimplementasikan dalam layanan seperti memberikan poin, naik level, pencapaian, memberikan penghargaan/lencana dan peringkat. Kegiatan penerapan elemen ini di modifikasi sebagai metode dalam penerapan layanan bimbingan dan konseling di kelas misalnya dalam layanan klasikal setiap siswa yang rajin menanggapi akan diberikan penghargaan atau lencana dan yang paling banyak mendapatkan lencana penghargaan adalah pemenangnya.

Kemudian diakhir layanan diberikan evaluasi berbentuk aplikasi kahoot atau quiziz. Aplikasi ini menarik, menyenangkan karena didesain seperti game namun didalamnya terdapat elemen game sehingga siswa termotivasi untuk mencapai tingkat tertinggi Ungkap Ilham bakhtiar dalam materinya Jenis gamifikasi yang dapat diterapkan seperti LMS SPADA, ABSEN dengan gambar menarik, Stiker/Kartu dimana setiap yang banyak menanggapi diberikan stiker atau kartu sebagai lencana, Kahoot, quizizz.com, wordwall.net, mentimer, pahamify, pointagram, alimenterium academy dan Learning Game for kids.

Leave a Reply

Your email address will not be published.