Dosen pengabdi UNM Gelar PKM Pelatihan Memahami Arti Bacaan Shalat di Kabupaten Soppeng

Dosen UNM, Dr. Fatkhul Ulum, menggelar PKM Pelatihan memahami arti bacaan shalat shalat di Masjid Nurul Istiqomah, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Kamis 09 Mei 2024.

Menurutnya, bahwa dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Terpadu dari Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan pelatihan memahami arti bacaan shalat di Masjid Nurul Istiqomah, Kec. Marioriawa, Kab. Soppeng yang dihadiri oleh jama’ah Masjid Nurul Istiqomah kelurahan Attangsalo.

“Kita bersyukur karena kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat dan perlu saya sampaikan bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Kab. Soppeng ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT., IPU selaku Ketua LP2M UN dan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Camat Marioriawa dan Lurah Kaca,”ungkapnya.

Materi pelatihan Memahami arti bacaan shalat ini disampaikan oleh tim PKM terpadu UNM yang ahli dalam pendidikan Bahasa Arab, Dr. Fatkhul Ulum, salah satu pembicara yang menekankan bahwa pemahaman mendalam tentang arti bacaan shalat dapat meningkatkan kekhusyukan dalam beribadah, membangun generasi yang lebih berkualitas, dan mewujudkan masyarakat yang religius.

Antusiasme peserta terlihat jelas selama pelatihan, mereka tidak hanya mendengarkan materi dengan seksama tetapi juga aktif bertanya dan berlatih memahami arti bacaan shalat. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan hadiah berupa Al-Qur’an dan buku bacaan serta sesi foto bersama.

Kegiatan ini menjadi langkah positif dalam peningkatan kualitas ibadah seorang muslim terutama yang berkaitan dengan shalat yang merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan. Sehingga diharapkan pelatihan ini memberi manfaat kepada masyarakat dan pelatihan serupa akan terus berlanjut untuk memberikan dampak yang lebih luas lagi di masa depan.