Dosen UNM Laksanakan Program Kemitraan Masyarakat Guna Tingkatkan Kualitas Ikan Asap di Kabupaten Bone

Wujud pengabdian kepada masyarakat, Dosen di lingkup UNM dengan latar belakang bidang ilmu yang berbeda, yaitu Dr. Hj. Laelah Azizah Samad, M.Hum, Ir. Ridwansyah, MT dan Dr. H. A. Mushawwir Taiyeb, M.Kes melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan tema “Peningkatan Kualitas Ikan Asap di Kelurahan Panyula, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone”.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM ini telah terlaksana dengan baik.

Dengan aktifitas penerapan teknologi tepat guna yaitu penggunaan Rumah Asap dalam proses pengasapan ikan untuk meningkatkan kualitas ikan asap.

Setelah di uji cobakan pengasapan ikan dengan menggunakan “Rumah Asap”, ternyata menghasilkan kualitas Ikap asap yang lebih bagus dibanding dengan hasil ikan asap sebelumnya yang hanya menggunakan tungku biasa yang terbuka.

Dalam hal ini, kualitas pembakaran lebih bagus yaitu ikan lebih kering. Tidak hanya itu, paparan asap pada saat pengasapan berlangsung sangat berkurang bagi para pengasap ikan.

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, Minggu (21/06/2020) menyampaikan, kegiatan yang dilakukan Dosen UNM dalam Program Kemitraan Masyarakat melalui LP2M UNM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan pendapatan pengrajin ikan Asap di kelurahan Panyula Kabupaten Bone.

Pelaksanaan praktek penggunaan rumah asap ini diharapkan terus memberikan tambahan kualitas dan peningkatan ekonomi masyarakat.
Kegiatan PKM ini juga disaksikan oleh para pengrajin ikan asap dan oleh Abd. Rahman, Lurah Panyula Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone, yang juga sangat merespon positif kegiatan ini dan berharap untuk kedepan selalu ada kerja sama dengan Universitas Negeri Makassar.