Dosen UNM Laksanakan PKM Penghematan dan Penggunaan Energi Listrik di Malino


PKM UNM. Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNM melakukan kegiatan melalui PKM di Aula SMA Negeri 4 Gowa, Jl Pendidikan Malino, Minggu (13/6/2021). foto: istimewa

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir 2019 dan mulai melanda Indonesia di awal tahun 2020 menimbulkan berbagai permasalahan.

Selain berdampak buruk pada masalah kesehatan, Covid-19 juga berdampak pada bidang ekonomi dan sendi-sendi kehidupan yang lain. Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan masyarakat adalah kenaikan pembayaran energi listrik yang meningkat signifikan secara nasional dan semua daerah.

Masyarakat Kota Malino, Kabupaten Gowa, juga mengalami hal yang sama. Selain masalah kenaikan pembayaran tagihan listrik yang membengkak. Di Malino sebagai daerah tujuan wisata yang terkenal dengan julukan Kota Bunga ini, juga mengalami masalah lain di bidang kelistrikan, yaitu seringnya terjadi pemadaman atau mati lampu.

Masalah masalah tersebut mendorong para dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk melakukan kegiatan melalui Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) Workshop Penghematan dan Penggunaan Energi Listrik bagi Masyarakat.

Kegiatan PKM tersebut dirangkaian dengan kegiatan pengabdian pada masyarakat terpadu oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) UNM yang berlangsung di Aula SMA Negeri 4 Gowa, Jl Pendidikan Malino, Minggu (13/6/2021).

Kegiatan tersebut dibuka Ketua LP2M UNM Prof Dr Ir H Bakhrani Rauf MT yang ikut dihadiri Wakil Dekan I FT UNM Dr H Ruslan MPd, para Kepala Pusat LP2M UNM, Ketua, dan Sekretaris Jurusan JPTE FT UNM, Pemerintah Kecamatan, Polsek, dan Lurah. Peserta kegiatan tersebut terdiri dari unsur warga, Karang Taruna, dan guru.

Ketua Tim PKM Firdaus SPd MT, anggota tim Drs Sugeng A Karim MT, dan Dr Andi Imran MT menyampaikan materi dan melatih peserta workshop, antara lain macam-macam energi listrik di rumah tangga dan tarif dasar listrik per kWh untuk setiap daya yang terpasang di rumah, SNI 03-6197-2000 konversi energi pada sistem pencahayaan, cara mengukur konsumsi pemakaian energi listrik menggunakan kWh meter, dan mengetahui cara menghitung biaya listrik yang dibayarkan untuk pemakaian energi listrik dalam sekian jam.

Termasuk upaya alternatif dan perilaku untuk menghemat energi, cara penggunaan dan perawatan instalasi dan peralatan listrik agar terhindar dari kerusakan dan kebakaran akibat listrik.

Dan yang terakhir tim pengabdi menyampaikan gambaran tentang pemanfaatan energi terbarukan sebagai solusi untuk mengatasi masalah seringnya terjadi pemadaman listrik dan konsep dan teknologi listrik masa depan dengan sumber energi terbarukan.

Para peserta mengapresiasi kegiatan tersebut. Muh Saleh Nompo dari unsur Karang Taruna menuturkan, setelah mengikuti kegiatan ini mengetahu cara menghitung pemakaian energi listrik, mengetahui tingkat pencahayaan dalam berbagai ruangan sehingga bisa menjaga kesehatan mata dan hemat energi.

Guru SDI Palangga Malino, Marianti, menyatakan, ilmu dan keterampilan yang didapat dari workshop ini, akan disampaikan dan dipraktekkan di sekolah, sehingga siswa sejak dini mengetahui pentingnya dan cara menghemat energi listrik sejak dini dan cara menghindari lonjakan pemakaian listrik dan kerusakan peralatan akibat seringnya mati lampu di Malino. (***)