Pentingnya Peran Ibu Untuk Perkembangan Anak di Masa Pandemi Ungkap Alissa Wahid

Psikolog Alissa Wahid mengatakan dalam pengasuhan anak, peran orang tua sangat berperan penting dalam membentuk karakter anak. Terutama peran ibu, apalagi di masa pandemi. 

Psikolog bernama lengkap Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahida itu mengungkapkan, beberapa poin yang yang dihadapi dan tantangan bagi anak semasa pandemi #dirumahaja. 

“Ruang personal yang mengecil, Hilangnya struktur keseharian yang menimbulkan kegamangan, Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh yang di luar kebiasaan lama, Hilangnya teman dan lingkungan permainan, Orangtua yang tidak siap menjalankan fungsi pendidikan secara utuh Hubungan dalam keluarga yang tidak matang,” kata Alissa, Sabtu (25/7/2020).

Maka dari itu, ibu di rumah harus Memahami diri sendiri, Memahami sumbu emosi dan mengelolanya, Mengelola kebutuhan diri, Membangun hubungan yang baik dengan Ayah dari anak-anak, dan Memahami dinamika anak. 

Menurutnya, penting bagi ibu untuk Menjaga kehangatan keluarga secara ekstra, Memberikan makna baik atas segala tantangan dalam pandemi ini, Mengenali karakter dan temperamen anak, Mengisi Tangki Cinta anak dengan Bahan Bakar Cinta. 

“Membangun rasa percaya diri anak Melatih anak untuk mengelola emosinya Membangun kebiasaan menghormati orang lain Membangun kebiasaan bekerjasama,” sambungnya. 

Seorang ibu juga harus memberikan waktu berkualitas bagi anak, kata-kata penguat jika anak sedang down, pelayanan, hadiah, dan sentuhan khusus. 

“Jika hal itu berhasil, maka annak akan menjadi percaya diri, anak mampu, mengelola dirinya, anak menikmati hari-harinya, dan anak mampu bekerjasama, dan kehangatan keluarga akan terjaga,” urai putri sulung Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu.

Dirinya berpesan, dalam pengasuhan, orang tua tidak perlu merasa cemas apakah anaknya akan menjadi orang yang baik di masa depan atau tidak.

“Jangan mencemaskan apakah anak kita dapat menjadi orang yang baik, cemaskanlah apakah kita dapat menjadi orang tua yang baik bagi mereka,” pungkasnya. 

Alissa Wahid menjadi salah satu pembicara dalam rangkaian seminar daring dalam kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar tahun 2020.

Selain Alissa, pembicara lainnya adalah Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana, Muhammad Iqbal, dan Dosen Psikologi Pendidikan dan Perkembangan UNM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *