Dosen dari Universitas Negeri Makassar Menyelenggarakan Pelatihan Mengenai Alat Hemat Energi di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Somba Opu.

Dosen Universitas  Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan pembuatan alat hemat energi pada gedung berbasis Internet of Things, kepada guru dan siswa SMKT Somba Opu pada Rabu (5/7) .

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat  tahun 2023 yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM. Kegiatan ini melibatkan tiga dosen UNM  yaitu Yunus Tjandi, Zulhajji, dan Marthen Paloboran. Dosen UNM bertugas sebagai pelaksana dan penyedia bahan dan peralatan selama pelatihan berlangsung.

Pelatihan yang ditujukan bagi guru dan siswa SMKT Somba Opu ini dilakukan diluar jam belajar siswa. Serta telah berlangsung selama empat bulan.
“Dilakukan pada waktu-waktu luang siswa selama kurang lebih 4 bulan,” ujar dosen UNM sebagai trainer.

Pelatihan ini dijadwalkan dalam pertemuan tatap muka dan daring mengingat waktu penggunan laboratorium SMKT Somba Opu digunakan oleh beberapa kelompok siswa.

Alat yang dibuat dapat dikendalikan baik dari jarak dekat maupun dari jarak jauh dengan menggunakan perangkat smartphone.
Alat yang dibuat adalah Alat pengontrol Menara Air yang menggunakan Sensor Sonic. Alat ini berfungsi untuk mengontrol bak reservoar secara otomatis dimana bila reservoar kosong maka secara otomatis mesin pompa akan mengisi reservoar sampai penuh kemudian mematikan sendiri secara otomatis mesin pompa tersebut.

Artinya ketinggian air di dalam reservoar dapat diatur sesuai keinginan konsumen sehingga penghematan listrik dapat ditingkatkan. Sistem kontrol reservoar ini belum ada dijual dipasaran, yang ada hanya on dan off saja.

“Kelebihan lain dari perangkat alat ini yaitu ketinggian air di dalam reservoar dapat diatur sesuai keinginan konsumen,” tuturnya.