Dosen FT UNM Latihkan Pembuatan Alat Kendali dan Monitor Laboratorium Berbasis Relay Rapsberry

Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna LP2M Universitas Negeri Makassar mengadakan Pelatihan tentang cara membuat Alat Kendali dan Monitoring Laboratorium bagi Guru dan Siswa di SMK Nasional Makassar. Kegiatan tersebut dilaksanakan paada Ruangan Laboratorium SMK Nasional Makassar pada tanggal 8 Juli 2021 dan dibimbing oleh 3 orang dosen UNM, yakni : Prof.Dr.Ir.Yunus Tjandi, M.T., Zulhajji, ST.,M.T., Dr.Marthen. P., ST., M.T.

Pada kesempatan ini, Guru dan Siswa peserta Pelatihan diberikan pengetahuan tentang cara membuat Alat Kendali Perangkat listrik dan Perangkat Monitor yang ditempatkan di dalam Laboratorium SMK Nasional Makassar (dalam bentuk Board House).

Adapun fungsi dari perangkat kendali yang dipasang di dalam Lab. Tersebut adalah agar seluruh perangkat tersebut dapat dikendalikan baik dari jarak dekat maupun dari jarak jauh dengan menggunakan Smartphone sehingga penghematan listrik dapat dilakukan. Sedangkan fungsi dari Perangkat Monitor yang terpasang adalah untuk Memonitoring seluruh Perangkap Lab. Sehingga terhindar dari tangan-tangan jahil yang nakal. Adapun kegiatan pelatihan ini dibatasi karena masa pandemi sehingga hanya dihadiri oleh WakaSek, Ketua JurusanTIK dan beberapa orang Guru beserta 12 Orang Siswa/Siswi SMK Nasional Makassar. Seluruh peserta akhirnya merasa puas dan akan menjabarkan pada Guru-guru yang belum sempat ikut dalam pelatihan pertama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *