Dosen UNM Gelar Pelatihan Pembuatan Saos Tomat di Makassar

Pandemi Virus Corono (Covid-19) sampai saat ini belum berakhir. Di Indonesia, grafik jumlah warga yang terjangkit virus tersebut semakin meningkat sehingga membuat sejumlah aktivitas manusia menjadi terhambat. Meski demikian, hal tersebut tidak menurunkan semangat dosen FT UNM untuk tetap menyebarkan pengetahuan yang bermanfaat kepada masyarakat di tengah pandemi ini.

Pasalnya, dosen FT UNM telah sukses mengelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pelatihan Pembuatan Saos Tomat Pada Ibu-Ibu Rumah Tangga”. Pengabdian tersebut dilaksanakan oleh tim dosen yang beranggotakan 3 orang yakni Nur Anny S. Taufieq, Ph.D., Ratnawati Tawani, M.Hum. dan Dr. Irma Aswani Ahmad. Kegiatan tersebut berlokasi di Kota Makassar dan dilaksanakan pada awal bulan Juni 2021.

Buah tomat merupakan buah yang sangat digemari ibu-ibu rumah tangga karena buah tomat merupakan buah yang wajib dan harus dibeli setiap harinya. Akan tetapi, buah tomat cepat mengalami pelayuan dan kerusakan hanya dalam beberapa hari saja dan mempengaruhi rasa, warna dan baunya. Oleh karena itu, perlu disiasati agar buah tomat tersebut tidak terbuang percuma. Melihat fenomena tersebut, tim pelaksana memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara mengolah buah tomat. Peserta adalah ibu rumah tangga yang merupakan alumni SMP 5 Makassar Angkatan 85 sangat antusias mengikuti kegiatan PKM karena dapat memanfaatkan buah tomat menjadi produk yang bernilai ekonomis dan dapat digunakan sebagai pengganti saos tomat yang banyak beredar di pasaran.