DOSEN UNM BERIKAN PELATIHAN MEMANDIKAN JENAZAH DI MANGGALA

Dosen Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Agama Islam Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK-UNM), Dr. H. Muhammadong, M. Ag (Ketua), melaksanakan kegiatan PKM yakni memberikan pelatihan memandikan jenazah pada warga masyarakat di Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Kegiatan tersebut dilakukan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM belum lama ini.

Ketua tim pelaksana PKM, Dr. H. Muhammadong, M.Ag mengemukakan bahwa tema pengabdian ini berkaitan dengan masalah sosial yang sering dihadapi masyarakat yakni masalah jenazah, sehingga sasaran pengabdian ini pada Majelis Taklim Masjid Ulil Amri di Kec. Manggala.

“Kami melaksanakan ini semua atas arahan Bapak Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M. TP, IPU, Asean-Eng, beliau selalu mengingatkan kita bahwa Covid-19 bukan menjadi kendala untuk tidak melakukan pengabdian pada masyarakat sehingga program Universitas dapat terealisasi, sehingga PKM ini dilakukan secara protokoler kesehatan ketat yakni harus mematuhi 3 M, menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker,”ujar ustadz Muhammadong.

Sementara itu salah seorang peserta yang juga sebagai Ketua Pengurus Masjid, Ir. H. Sadaruddin, sangat merespon kegiatan tersebut karena berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.”Hal ini sangat kita respon secara positi oleh karena setiap kali ada orang meninggal sangat sulit mencari pemandi jenazah, namun dengan kegiatan ini tentu memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang tata cara memandikan jenazah sehingga tidak sulit lagi mencari pemandi jenazah,”kata H. Sadaruddin.

Lain lagi dengan dua anggota pengabdi, yakni Dr. H. Lukman, SS. M. Ag (Anggota), dan Susiwati, S. Pd, M. Ag (Anggota) yang mengemukakan bahwa tujuan pengabdian ini adalah membantu program pemerintah dalam kegiatan keagamaan sekaligus sebagai problem solving atas persoalan yang dihadapi masyarakat mengingat kurangnya pemandi jenazah di Kota Makassar. (Wahyudin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *