TINGKATKAN LAYANAN BK DIMASA PANDEMIK, DOSEN UNM LATIH GURU BK MENGGUNAKAN MEDIA KONSELING MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA


PKM Media Canva bagi Guru MGBK Gowa

Sebagai upaya untuk meningkatkan layanan bimbingan dan konseling, Guru Bimbingan dan konseling yang tergabung pada m

usyawarah Guru Bimbingan dan Konseling Kab Gowa ikut pelatihan pembuatan Media BK menggunakan aplikasi Canva yang dilaksanakan oleh TIM PKM PNBP FIP UNM pada hari Kamis, 2 September 2021 secara daring. Kegiatan pelatihan diikuti Guru BK sebanyak 45 orang dri berbagai sekolah tingkat SMA. SMK dan SMP sederajat.

Narasumber Pelatihan media BK ini adalah Dosen UNM selaku tim Pengabdi yaitu Dr. Abdul Saman, M.Si.Kons (Tim PKM) dan Nur Fadillah Umar, S.Pd.M.Pd (Anggota PKM). Dengan materi yaitu Media dan Jenis Media dalam Layanan BK, Pengenalan Aplikasi Canva, dan Praktek Penggunaan Media menggunakan Aplikasi Canva yaitu membuat Media Brosur, Leflet, Papan Bimbingan Online, Membuat Media Persentase dalam layanan klasikal, membuat Video kegiatan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu para Guru BK membuat Media dengan memanfaatkan aplikasi online yang tersedia, mudah dan praktis dibuat sehingga memberikan dampak pada penigkatan layanan BK dimasing-masing sekolah Ungkap Dr. Abdul Saman dalam sambutannya (02/09/2021).

Canva sebagai media Grafis sangat praktis dalam membuat dan mendasai brosur yang dapat di gunakan dalam layanan bimbingan dan konseling, karena telah tersedia berbagai template yang gratis sehingga guru BK sisa menyesuaikan isi dan perpaduan warna dan gambarnya, Lanjut Dr. Abdul Saman dalam materinya.

Diakhir kegiatan Guru dilatih dan diberi tugas dalam membuat media BK seperti membuat poster, brosur, media persentase yang akan diterapkan di sekolah masing-masing peserta.

Pelatihan ini sangat besar bermanfaatnya karena bias membanti kita dalam melakukan layanan bimbngan dan konseling, termasuk menggunakan media canva membuat layanan BK semakin mudah dan menarik “ungkap Najdaeni,S.Pd salah satu Peserta pelatihan dari SMA Negeri Gowa.

Antusias peserta tergambarkan dari respon tanya jawab yang dilakukan, dan hasil angket menunjukkan membuat meda BK menggunakan aplikasi Canva ini sangat praktis dan mudah diterapkan, sekitar 87% peserta akan menggunakan canva dalam membuat media layanan bahkan sudah ada yang membuat media menggunakan canva namun belum maksimal, sehingga dengan pelatihan ini guru semakin terlatih dan mampu untuk memanfaatkan fasilitas canva khususnya membuat media yang dibutuhkan. Setelah kegiatan berlangsung, peserta diberikan tugas untuk membuat media canva dan mengirimkan ke tim untuk menjadi evaluasi keberhasilan mereka dalam pelatihan.

Media Media BK Buatan Peserta Pelatihan


Hasil Media BK Berbasis Canva 1

Tugas Peserta membuat Media Berbasis Aplikasi Canva

Tugas Peserta membuat Media Berbasis Aplikasi Canva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *