Dosen UNM Gelar PKM Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru Sekolah Dasar (SD) di Kab. Barru

Dosen FIS UNM melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M UNM) menggelar pengabdian terpadu dengan judul PKM “Pelatihan Penulisan Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Barru”.   Ketua Tim Pelaksana kegiatan PKM ini adalah Hasni, S.Pd., M.Pd dan anggota Tim  Dr. A. Octamaya Tenri Awaru, S.Pd,. M.Pd.Menurut ketua pelaksana Hasni, S.Pd, M.Pd bahwa kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pemahaman, pengetahuan dan pendampingan secara khusus agar guru-guru di Sekolah Dasar (SD)  di Kabupaten Barru terampil dan mampu berkarya dalam menunjukan profesionalisme sebagai seorang guru yang profesional, (2) untuk meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Barru dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada saat  pembelajaran, selain itu Penelitan Tindakan Kelas (PTK) dibutuhkan guru untuk kenaikan pangkat. Rencana kegiatan pelatihan dilakukan dengan dua  sesi yaitu sesi pertam secara daring (virtual) dan sesi kedua secara luring. Pada sesi pertama ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting namun antusias dan semangat para peserta sangat tinggi dengan adanya curah gagasan pada saat sesi pemerian materi yang diwali dengan berbagi cerita pengalaman, kendala dan strategi selama ini dalam menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Menurut salah salah satu peserta pelatihan (Hasrinah Hafid, S.Pd) mengatakan bahwa pelatihan ini sangat diperlukan untuk menambah wawasan kebahasan kita sebagai guru dan menambah wawasan kita tentang berbagai model pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, untuk mengevaluasi dan merefleksi diri tentang masalah belajar baik bersumber dari siswa maupun dari guru itu sendiri.Ketua LP2M UNM Bapak Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT. dalam sambutannya pada pembukaan PKM terpadu mengatakan bahwa dengan adanya pengabdian terpadu ini diharapkan para pengabadi mampu menunjukkan kreativitas yang dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan guru-guru di Kabupaten Barru meskipun pelaksanaanya secara virtual ditengah covid 19.

Suasana Sesi Pendampingan Pelatihan PTK yang dilakukan oleh Tim Pengabdi

Menurut Dr. A. Octamaya Tenri Awaru, S.Pd, M.Pd sebagai anggota tim bahwa pada saat pendampingan awal dilakukan ternyata masih ada beberapa guru yang masih sulit membuat latar belakang masalah yang melahirkan judul penelitan, masih sulit membedakan model dan metode pembelajaran, belum menguasai metode penelitian, dan kesulitan dalam mencari kajian teori, namun setelah diberikan pemahaman dan pendampingan secara berkesinambungan oleh Tim pengabdi maka para peserta sudah mampu membauat draf proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini menurut ketua pelaksana Hasni, S.Pd, M.Pd, bahwa kegiatan ini akan dilakukan tahap lanjutan yang dilakukan secara daring dan luring, untuk daring selain menggunakan aplikasi zoom meeting juga melalui gruop whataspp dan luaran dari kegiatan pelatihan  ini adalah Lembar Kerja (LK) berisi draf proposal dan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  hasil revisi pendampingan kemudian dikirim peserta melaui google classroom.