Dosen FT UNM Latihkan Desain Media Pembelajaran Berupa Trainer Sensor dan Transduser di SMK Negeri 2 Makassar

Sekertaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM Bapak Prof. Dr. Usman Mulbar, M.Pd. dalam pembukaannya menjelaskan pentingnya kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang diberikan (27/07/2020). Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini guru dituntut agar lebih kreatif dalam memilih dan menentukan media pembelajaran bagi peserta didik.

Dalam kesempatan ini pula, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Makassar Bapak Drs. Natsir, M.Si, menyambut baik kegiatan ini dan memberikan apresiasi kepada TIM PKM LP2M UNM. “Saya sangat berterima kasih atas adanya kegiatan ini karena hal ini memberikan kesempatan bagi guru-guru di SMK Negeri 2 Makassar untuk mengembangkan kompetensinya dan saya menganjurkan agar guru-guru benar-benar memanfaatkan kesempatan seperti ini,” katanya.

Ketua pelaksana  kegiatan Dr. Purnamawati, M.Pd., bersama dengan dua anggota lainnya yaitu Muhammad Akil, S.Pd.,M.T. dan Nuridayanti, S.Pd.,M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini dipilih melihat kurangnya media pembelajaran yang disediakan atau didesain dari pihak guru,  sebagai penyampai informasi kepada peserta didik. Terkhusus pada kesempatan ini media pembelajaran yang dirancang adalah trainer sensor dan transduser, yang diharapkan akan memberikan gambaran dan panduan bagi para guru dalam menyusun media pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik.

Untuk kesempatan ini kegiatan yang dilakukan adalah melakukan simulasi rangkaian,  membuat program dan melakukan uji coba trainer dan harapan kami untuk kegiatan berikutnya agar guru-guru mampu melakukan analisis kebutuhan media pembelajaran yang dibutuhkan untuk peserta didik sehingga kami dari TIM PkM dapat merancang kegiatan yang sama dengan membantu memfasilitasi guru-guru dalam mendesain dan mengembangkan media pembelajaran untuk mendukung aktifitas belajar mengajar. Demikian kata penutup yang disampaikan oleh ketua TIM pelaksana PkM UNM di SMK Negeri 2 Makassar Dr.Purnamawati, M.Pd.