Dosen FMIPA UNM Lakukan Pendampingan dan Pelatihan Pemanfaatan Pakan Alami dari Limbah Biomassa di Tambak Ikan

Salah satu program pemberdayaan masyarakat yang ada di daerah tambak adalah melakukan kegiatan  PKM Kelompok tambak ikan dengan  LP2M UNM yang telah dilakukan oleh Tim Pengabdi  yang ketuai  Suriati Eka Putri, S.Si,M.Si yang di wakili saat melakukan kegiatan oleh Dr. Mohammad Wijaya. S.Si, M.Si , keduanya merupakan Dosen Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar. telah melaksanakan kegiatan  berupa  pendampingan penggunaan limbah biomassa sebagai pakan alami untuk lahan tambak ikan bandeng dan udang yang ada di sekitar Dusun sepanjang Desa kanaung Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep pada Hari Rabu, 1 Juni 2022.Salah satu program pemberdayaan masyarakat yang ada di daerah tambak adalah melakukan kegiatan  PKM Kelompok tambak ikan dengan  LP2M UNM yang telah dilakukan oleh Tim Pengabdi  yang ketuai  Suriati Eka Putri, S.Si,M.Si yang di wakili saat melakukan kegiatan oleh Dr. Mohammad Wijaya. S.Si, M.Si, keduanya merupakan Dosen Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar. telah melaksanakan kegiatan  berupa  pendampingan penggunaan limbah biomassa sebagai pakan alami untuk lahan tambak ikan bandeng dan udang yang ada di sekitar Dusun sepanjang Desa kanaung Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep pada Hari Rabu, 1 Juni 2022.

Menurut Anshar ( pemilik lahan tambak ikan), bahwa masa panen ikan bandeng berkisar antara 3 sd 5 Bulan, pemberian pakan selama ini berupa mie dan roti , dan ikan tersebut sudah terbiasa memakannya. Katanya untuk meningkatkan produksi plankton, perlu ditambahkan pupuk urea dan phoska, sehingga produksi ikan semakin banyak.  Mengenai harga ikan bandeng per I kg tergantung berat ikan, tingkat pengecer Rp. 15.000 sd 20.000,- Sedangkan pakan berupa mie di beli sebesar Rp 150.000,- per karung. Sedangkan pupuk relatif lebih mahal.  Menurut anshar , bahwa lahan tambak sudah sekitar 10-15 Tahun.  Selama ini warga tersebut mencari pekerjaan lain, jika menunggu masa panen ikan , yaitu mencari udang di daerah Luwuk Banggai,  dengan waktu tempuh selama 2 hari.

Menurut  Mohammad  wijaya (Dosen Kimia MIPA UNM dan ketua HA IPB  Cabang Gowa)., Selain memberikan pelatihan kepada kelompok tambak ikan tersebut, juga memberikan pendampingan, agar perlu menggunakan limbah biomassa dari sisa tulang ikan, cangkang udang (kitosan) dan  limbah tulang sapi sebagai bahan untuk membuat pakan alami, sebagai  pemberian pakan alternative., sehingga  menjadi solusi untuk pakan ikan  Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan bahwa untuk meningkatkan produksi pakan perlu memanaatkan limbah biomassa, dimana mengandung selulosa, lignin dan hemislulosa yang sangat baik untuk  meningkatkan produksi.  Dan limbah tulang ikan dan cangkang udang  mengandung  nutrisi dan kaya mineral  sebagai pakan alami.          

Pelaksanaan kegiatan PKM mendapat Supoort dan dukungan oleh Ketua LP2M Universitas negeri Makassar Bapak  Prof. Dr.H. Bakhrani A.Rauf M,T.IPU pada kesempatan ini, ketua LP2M  menyampaikan amanah dan pesan Rektor UNM Prof.Dr.Ir.H. Husain Syam. M.TP, IPU.ASEAN Eng.  yang mendukung bahwa setiap dosen Universitas Negeri Makasasar  selalu  melakukan kegiatan pengabdian dengan mengedepankan sisi kreatifitas untuk menciptakan inovasi baru , dan Pelaksanaan kegiatan PkM ini Berkat kerjasama  Pusat LP2M Universitas Negeri Makassar, kelompok tambak ikan, sopir ikan, dan warga sekitar tambak  tersebut turut hadir,  semoga ke depan  petambak ikan tersebut meberikan pakan ikan secara alami  dengan  menggunakan bahan baku yang berasal dari limbah biomassa  untuk keberlanjutan lingkangan dan ramah lingkungan, selamat hari lingkungan hidup 5 Juni 2022. Bumi tetap terjaga dan lestari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.