Mahasiswa KKN PPM UNM Latih Membuat Pupuk Organik Cair Bagi Masyarakat Wajo

Mahasiswa kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik cair di Dusun Toddasalo, Desa Tadangpalie, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo. Kegiatan dilakukan pada Sabtu, (24/8).

Pelatihan ini mengambil lokasi di halaman rumah bapak Kepala Desa Tadangpalie dan diikuti puluhan masyarakat setempat. Adapun pelatihan ini dilakukan untuk melatih masyarakat dalam membuat pupuk organik yang ramah lingkungan dan bersifat ekonomis.

Nidar selaku kepala Dusun Abbanuang di Desa Tadangpalie, turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Sangat bermanfaat serta menambah wawasan warga desa tadangpalie dalam pembuatan pupuk. Setelah melihat ini mereka bisa melakukannya sendiri terutama untuk pupuk kompos dan pupuk cair,” ujarnya.

Masyarakat desa sangat bangga dengan diadakannya pelatihan ini. Hal ini tentu membuat masyarakat setempat mendapat pengetahuan tambahan tentang cara pengelolaan pertanian yang baru melalui pembuatan pupuk organik cair.

Setelah kegiatan praktek pembuatan pupuk organik selesai, dosen pembimbing KKN PPM UNM juga menyerahkan kepada Kepala Desa Tadangpalie sebuah alat teknologi tepat guna pengasapan ikan sederhana. Diharapkan alat tersebut mampu mengembangkan perekonomian desa dan membuat desa menjadi desa mandiri.

Kegiatan pelatihan dibawah bimbingan dosen UNM, yaitu Bapak Drs Marsud Hamid M. Kes.