Dipimpin Kaprodi Sosiologi, PKM UNM Latih Pengelolaan Perpustakaan di Kampung Nelayan Untia


Ketua Prodi UNM, Dr Idham Irwansyah, saat memberikan penjelasan terkait pengelolaan perpustakaan di Kampung Nelayan Untia, Makassar, Kamis (26/8/2021). 

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan di Kampung Nelaya Untia, Makassar, Kamis (26/8/2021).

PKM UNM yang terjun langsung dipimping Ketua Program Studi (Kaprodi) Sosiologi UNM, Dr Idham Irwansyah Idrus.

Bersama dua dosen Sosiologi UNM lainnya, Mario, S.Sos, M.Si dan Mauliadi Ramli, S.Sos, M.Sosio.

Kegiatan yg mengangkat tema Gerakan Literasi Masyarakat ini menitikberatkan pada optimalisasi perpustakaan yang sudah berdiri sejak tahun 2019.

Kegiatan dilaksanakan di pelataran Perpustakaan Kampung Nelayan.

Dihadiri sebanyak 26 orang yang terdiri dari pengelola perpustakaan, pemuda dan remaja Kampung Nelayan Untia, kader KB, dan mahasiswa.

Dr Idham Irwansyah menerangkan jika kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sejenis yang digelar tahun lalu di lokasi yang sama.

Jika tahun sebelumnya mengangkat tema Gerakan Literasi keluarga (GLK), maka kali ini yakni Gerakan Literasi masyarakat (GLM).

Selain memberikan materi terkait GLM, juga diadakan pelatihan pengelolaan perpustakaan oleh 2 orang Pustakawan dari Perpustakaan UNM.

“Kami juga menyalurkan sumbangan buku dari beberapa penerbit dan dosen FIS-H UNM untuk Perpustakaan Kampung Nelayan.” Ucap Dr Idham.

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Untia, Dinasuddin Bundu, berterimakasih kepada Tim PKM UNM yang memilih Kampung Nelayan Untia sebagai tempat berkegiatan.

Ia berharap selalu mendapat pendampingan ke depan, utamanya dalam pengelolaan perpustakaan.

“Karena terus terang kami masih buta terkait hal ini. Terlebih Tim PKM UNM sudah bersedia untuk memfasilitasi penambahan koleksi buku dari berbagai sumber.”

Setelah pembukaan, dilakukan penyerahan buku sumbangan dari penerbit dan dosen kepada Perpustakaan Nelayan.

Diserahkan oleh Dr Idham Irwansyah dan diterima oleh perwakilan Dinas terkait.

Kemudian dilanjutkan pemaparan materi GLM oleh Dr Idham Irwansyah.

Selanjutnya pemaparan materi pengelolaan perpustakaan oleh Amaluddin Zaihal, S.Sos., M.Hum, selaku Koordinator Pustakawan UNM),.

Setelah itu praktek pengelolaan perpustakaan  oleh ibu Mutmainnah Kudu, S.I.P kepada para peserta utamanya pengelola perpustakaan.

Kegiatan diakhiri dengan mengadakan aneka lomba, berupa games yang terkait literasi bagi peserta dan anak-anak warga Kampung Nelayan Untia.(*)