Pembuatan Bak Kontrol Buangan Air Kotor & Bak Sampah Rumah Tangga Berwawasan Lingkungan

PKM Sanitasi Lingkungan Rumah Tangga Yang Berwawasan Lingkungan Dalam Pencegahan COVID-19 adalah judul Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Tim Dosen Pengabdi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM.

Terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Dr. Aminuddin Bakry, MS  Sebagai Ketua, Drs. Alimuddin Sa’ban Miru, M.Pd dan Drs. Pannennungi T, MT. sebagai anggota.

Produk yang dihasilkan dalam kegiatan ini adalah Bak pembuangan air kotor dan Bak Tempat Pembuangan Sampah yang sekaligus berfungsi sebagai sarana konservasi air tanah, karena air kotor yang masuk ke dalam bak tersebut akan diteruskan masuk ke dalam tanah.

Dengan demikian lingkungan rumah tinggal akan menjadi lebih bersih, sehat dan aman terhadap semua penyebab penyakit termasuk virus corona.

Konstruksi Bak adalah pasangan batu bata ringan diplaster kedap air berukuran 200 cm x 150 cm kedalaman 175 cm.

Pembuatan Bak pembuangan air kotor dan air hujan ini dimulai 20 Juni 2021 sampai 25 Juli 2021 di dusun Limpenno desa Toro Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. 

Sambutan Bapak  Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, MT ebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen pengabdi dari LP2M UNM  adalah salah satu bentuk dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni melakukan Pengabdian Masyarakat untuk membantu masyarakat khususnya dalam memberikan pelatihan Pembuatan Bak pembuangan air kotor dan Bak Tempat Pembunagn Sampah yang berwawasan lingkungan di dusun Limpenno desa Toro Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pemerintah setempat, yakni Kepala Desa, Badan Musyawarah Desa dan tokoh masyarakat sebagai bentuk apresiasi pada kegiatan yang dilakukan oleh Tim dosen Pengabdi LP2M UNM.

Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut dan berharap Universitas Negeri Makassar melalui LP2M UNM selalu memberikan pelatihan dan keterampilan serupa kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan apalagi dalam situasi pandemik COVID-19 ini.#