“Komitmen Terwujud! Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Berantas Banjir Berkelanjutan di Kota Makassar”

Oleh: Ir. Rahmansah, S.Pd., S.T., M.T., IPM.

Kota Makassar, 2 September 2023 – Hari ini, sebuah upaya dalam penanganan banjir secara berkelanjutan telah terlaksana di Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Tim yang terdiri dari para akademisi telah menyelenggarakan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul “Penanganan Banjir Secara Berkelanjutan pada Lingkungan Perumahan.” Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat dalam menjaga lingkungan perumahan agar terhindar dari risiko banjir yang sering terjadi.

Tim pelaksana kegiatan ini dipimpin oleh Ir. Rahmansah, S.Pd., S.T., M.T., IPM., sebagai ketua tim, dengan Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ardi, M.S., sebagai anggota tim dari Universitas Negeri Makassar, dan Isymiarni Syarif sebagai anggota tim pelaksana dari Universitas Islam Makassar.

Ir. Rahmansah, S.Pd., S.T., M.T., IPM., dalam pemaparannya menekankan empat aspek penting, termasuk:

Sistem Pemeliharaan Drainase Berkelanjutan: Para mitra diberikan penyuluhan tentang pentingnya pemeliharaan drainase lingkungan perumahan yang berkelanjutan, agar air hujan dapat meresap dengan baik dan tidak menyebabkan banjir.

Pentingnya Lahan Terbuka: Mitra juga diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lahan terbuka sebagai daerah resapan air selama hujan. Ini merupakan langkah kunci dalam mengurangi risiko banjir.

Drainase Sistem Resapan Biopori: Mitra diajarkan tentang sistem drainase resapan biopori yang ramah lingkungan dan efektif dalam menangani masalah banjir secara berkelanjutan.

Keterampilan Penerapan Drainase Sistem Resapan Biopori: Pelatihan praktis diberikan kepada mitra untuk memastikan pemahaman mereka dalam menerapkan sistem drainase resapan biopori yang dapat mengatasi masalah banjir.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua ORW 10 Ernawati, Ketua ORT 07 Kurdiansyah, dan warga masyarakat Blok M kompleks Pesona Prima Griya Makassar. Ini adalah langkah nyata menuju perubahan yang berkelanjutan dalam upaya pencegahan banjir di wilayah ini.

Ketua ORW 10, Ernawati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat dari Universitas Negeri Makassar selalu dinanti oleh Masyarakat khususnya Masyarakat ORW 10 Kecamatan Manggala. Semoga tim pengabdi dari Universitas Negeri Makassar berkenan dalam kerjasama kegiatan berikutnya. ORT 07, Kurdiansyah dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada Tim pengabdi, kompleks Pesona Prima Griya khususnya warga Blok M sangat terbantu dengan kehadiran Tim Pengabdi dari Universitas Negeri Makassar. Semangat dan tekad untuk menjaga lingkungan dan mengurangi risiko banjir di Kota Makassar semakin kuat berkat upaya yang sederhana namun memiliki manfaat luar biasa ini. Semoga keberhasilan PKM ini akan memberikan inspirasi bagi komunitas lainnya untuk turut serta dan bergerak Bersama dalam memelihara lingkungan.