Dosen Muda FISH UNM Berbagi Tips Penulisanan Ilmiah dan Publikasi di Barru

Makassar – Guru MGMP se – Kabupaten Barru hari ini sabtu (07/08/21) mengikuti pelatihan penulisan karya ilmiah. Pelatihan ini adalah inisiasi tim PkM Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini merupakan sala-satu peran publik dosen sebagai tanggung jawab tridharma perguruan tinggi.

Pemilihan tema pengabdian ini adalah hasil observasi masalah bahwa guru-guru masih banyak yang belum terampil menulis karya ilmiah. Demikian penyampaian Sopian Tamrin, S.Pd.,M.Pd sala-satu tim pengabdian ini.

Dalam presentasinya tim pengabdian FISH UNM ini memaparkan struktur kepenulisan ilmiah. Beberapa bagian yang dimaksud yakni sebagai berikut : Pendahuluan, Kajian Pustaka, Metodologi, Hasil dan Pembahasan serta penarikan kesimpulan.

Pada bagian pendahuluan peserta diberikan kiat bagaimana menemukan masalah, menentukan urgensi, serta kebaharuan. Jika indikator ini terpenuhi maka pertanyaan tentang mengapa tema itu diangkat/dipilih juga bisa terjawab. Tutur Sopian Tamrin.

Sementara itu, bagian metodologi hingga pembahasan dijelaskan oleh Sulmiah, S.Pd.,M.A.P. dosen administrasi negara FISH UNM. Selain itu juga diberikan juga gambaran singkat mengenai bagaimana kiat melakukan publikasi tulisan pada jurnal.

“Hal tersebut dianggap penting agar karya guru bisa diakses oleh banyak kalangan. Selain itu, memang sudah menjadi kebutuhan guru untuk kenaikan pangkat dll” jelas Rusdi, S.Si.,M.Sc. selaku anggota tim dan dosen PIPS FISH UNM.

Kegiatan ini dikemas secara luring di SMP 1 Negeri Barru dengan taat protokoler kesehatan.  Peserta yang mengikuti kegiatan  pelatihan sangat antusias.

“Kami amat berterimakasih karena tim PkM dari UNM bersedia berbagi materi baik ini dengan kami” tutur Abustan, M.Pd. Peserta dari sekolah SMP Negeri 1 Barru.