DOSEN UNM LATIH PTK GURU SMP/MTS KABUPATEN BARRU

Dosen Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FIS-H) Universitas Negeri Makassar (UNM) Sirajuddin beserta tim mengadakan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri I Barru , Sabtu (7/8).

Kegiatan yang dihadiri oleh Guru MGMP tingkat SMP/MTs Kabupaten Barru ini merupakan salah satu bentuk pengabdian seorang dosen yang dilaksanakan minimal setahun sekali dan beranggotakan tiga orang, yakni Sirajuddin, Supriadi, dan Dimas Aryo Sumilih.

Suasana saat berlangsungnya pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri I Barru, Sabtu (7/8). Foto: Dokumentasi Pribadi

Sekretaris sertifikasi dosen UNM, mengungkapkan bahwa PTK memiliki peran penting untuk membantu guru menghadapi masalah yang terjadi di kelas.

“PTK ini sangat penting karena guru setiap waktu berhadapan dengan situasi kelas termasuk kelas virtual,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa seorang harus peka terhadap masalah yang terjadi saat belajar.

“Seorang guru penting untuk peka terhadap berbagai masalah yang berkembang dalam situasi belajar termasuk kondisi akhir-akhir ini,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang peserta, Arfah, mengatakan bahwa kegiatan ini berbeda dengan kegiatan PTK lainnya karena materi yang dibawakan sangat membantu para guru untuk mengatasi masalah di kelas.

“Kami memang sudah terbiasa dengan istilah PTK tapi apa yang dijelaskan pemateri bisa jadi inspirasi dalam mengatasi masalah kelas yang berkembang sejak masa virtual,” ujarnya.

Rilis: FIS-H UNM