Guru besar FISH UNM Paparkan Pentingnya Kurikulum

Laksanakan pengabdian di kabupaten Barru guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Andi Kasmawati, M.Hum. Jelaskan pentingnya pengembangan kurikulum.

Sabtu, (07/08/21) tim pengabdian FISH UNM yang diketuai guru besar PPKn Andi Kasmawati berlangsung kondusif. Kegiatan dilakukan secara langsung (luring) di SMP Negeri 1 Barru. Berhubung dilaksanakan pada masa PPKM maka peserta diwajibkan menaati protokoler kesehatan.

Pada awal interaksi dengan peserta ketua tim sekaligus sebagai narasumber menyampaikan mengapa penting melakukan pengembangan kurikulum.

Pengembangan kurikulum adalah satu kewajiban pelaksana pendidikan dalam menjamin kualitas proses dan output pendidikan. Oleh karena itu, kita perlu memeriksa kurikulum apakah masih relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Kemampuan dunia pendidikan termasuk sekolah menengah pertama bisa adaptif terhadap segala perubahan tergantung bagaimana kurikulumnya. Dalam penyusunan kurikulum paling tidak perlu mempertimbangkan empat komponen sebagai landasan.

“Landasan yang dimaksud yakni filosofis, yuridis, historis serta sosiologis. Keempat komponen ini mewakili keseluruhan aspek yang vital agar kurikulum yang dilahirkan bisa menjawab tantangan yang ada,” tutup Andi Kasmawati (*/Sopian)

Editor : Rahman