ADAKAN PELATIHAN KECAPI, PKM UNM JALIN KERJA SAMA DENGAN PAKKACAPI BUGIS

Kelompok Program Kerja Mitra (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerja sama dengan kelompok Pakkacapi Bugis untuk memberikan pelatihan kecapi kepada Pemuda Penggerak Kebudayaan Desa Paroto Soppeng.

PKM kelompok Pakkacapi Bugis yang dipimpin oleh Andi Agussalim AJ selaku tim kerja Bakhrani Rauf ini mengadakan pelatihan yang menyajikan kisah dari pengalaman Pakkacapi Bugis dalam merealisasikan dirinya dari teknik pembuatan, metode permainan, hingga gaya pertunjukan yang unik dan menarik dari kecapi Bugis serta bertujuan memberi andil penting bagi pemertahanan kesenian tradisi yang selama ini mulai terancam punah.

Salah seorang mahasiswa UNM, Muhammad Gusri Arjuna, memandang kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk dari preservasi budaya.

“Kegiatan ini sangat menarik untuk diteruskan sebagai salah satu metode pelestarian permainan kecapi Bugis yang baik,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua Pemuda Penggerak Kebudayaan Desa Paroto, Sutria, berharap agar pelatihan seperti ini bisa terus digelar.

“Saya berharap kegiatan sejenis ini dapat terus diadakan di masa mendatang,” ungkapnya.R