Program Kemitraan Masyarakat Kampus V Parepare UNM Resmi Dimulai

Kampus V Parepare UNM memulai program kemitraan masyarakat (PKM). Program tersebut dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Prof Bakhrani A Rauf melalui via zoom, Sabtu (7/8/2021).

Prof Bahkrani berpesan kepada peserta PKM untuk memberi yang terbaik ke masyarakat. Kata dia, PKM adalah momen dosen UNM memberi solusi atas masalah kualitas pendidikan di Parepare.

“Kita harus hadir memberi solusi kepada masyarakat. Khususnya para guru. Membagi ilmu tentang metode pembelajaran daring,” ujarnya.

Dia menyebutkan, bukan dosen jika tak mengabdi ke masyarakat. Itu merupakan tuntutan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Selanjutnya, dia meminta kepada dosen peserta PKM untuk menjalin kerjasama yang baik kepada guru dan pemerintah setempat. “Tindaklanjuti program ini dengan MoA (Momerandum of Agreement). Supaya kerjasama berjalan lancar,” pesannya.

Pembukaan tersebut juga dihadiri Kepala Pusat PPM Terpadu UNM Syamsidah. Ia berharap PKM terpadu merupakan perwujudan tridarma perguruan tinggi dengan harapan memberi skil kepada guru dan siswa.

“Kita ingin program ini dapat berkelanjutan dan bisa jadi role model,” ucap dia.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof. Husain Syam menyampaikan pesannya melalui ketua LP2M bahwa pandemi COVID-19 bukanlah penghalang dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan penuh inovasi dan kreativitas. Ia juga berharap agar kegiatan PKM PNBP ini dapat terlaksana dengan baik.

“Kami harapkan ada keuntungan dengan PKM ini. Dengan program ini, guru-guru bisa dapat knowledge tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran,” tuturnya.

Koordinator Kampus V Parepare UNM Abdul Khalik menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak. Dia bersyukur dosen Kampus V UNM kembali dapat menjalani PKM dengan 8 judul.

Dia meminta dosen Kampus V Parepare UNM tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. “Laksanakan pengabdian sebaik-baiknya sehingga bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan kita,” tandasnya.

Turut hadir sejumlah dosen dan mahasiswa Kampus V UNM Parepare. Selain itu, guru dan sejumlah Kepala Sekolah Parepare juga turut mengikuti pembukaan PKM itu. (rdi)