Dosen FSD UNM, Gelar Pelatihan Tari Kreasi Sul-Sel Bagi Siswi SMP Negeri 4 Sungguminasa Gowa

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan tari Kreasi Sul-Sel Bagi Siswi SMP Negeri 4 Sungguminasa, senin (28/8/2023).

Aktivitas kesenian siswi SMP Negeri 4 Sungguminas, terbilang aktif dalam melakukan kegiatan menari berbasis nilai tradisi dan kreasi baru. Berdasarkan data di lapangan, pelatihan tari kreasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai budaya lokal Sulawesi Selatan bagi siswi SMP Negeri 4 Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini adalah Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) LP2M UNM yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Peserta pelatihan diikuti oleh 20 orang siswa, terdiri dari kelas VII dan VIII, SMP Negeri 4 Sungguminasa.

Program ini dilakukan sebagai sarana untuk pengenalan dan penguatan nilai tradisi, sebagai dasar pengembangan tari kreasi. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengabdi yakni Dr. Johar Linda, S.Pd.,M.A, Dr. Andi Jamilah, M.Sn dan Faisal, S.Pd., M.Sn. sebagai Anggota Pengabdi.

Johar Linda, selaku Ketua Pengabdi menyampaikan bahwa, pelatihan ini sengaja dilaksanakan, khusus untuk anak usia sekolah sebagai bentuk pelestarian dan regenerasi kepada generasi pelanjut, agar seni budaya lokal dapat bertahan di era teknologi seperti zaman sekarang ini.

Tentunya hal yang dilakukan ini mengisyaratkan bentuk penanaman nilai budaya lokal yang perlu dimiliki oleh anak usia sekolah. Terang Johar Linda, yang juga menjabat sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik (SENDRATASIK) Fakultas Seni dan Desain UNM.

Pada kegiatan ini diharapkan melalui pelatihan, para siswa dan siswi usia sekolah, baik di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah tingkat pertama (SMP) maupun Sekolah Tingkat Atas (SMA), dapat lebih mengenal seni tari, khususnya tari Tradisi dan tari kreasi Sul-Sel. (Red).