PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Bagi Guru PAUD PKBM Ingin Maju Bantaeng

Beberapa Dosen dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar telah melaksanakan Pengabdian masyarakat di Kabupaten Bantaeng dengan judul PKM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Bagi Guru PAUD PKBM Ingin Maju Bantaeng. Pembukaan dan penyajian konsep teorinya pada tanggal 20 Mei 2023 di Kabupaten Bantaeng. Kegiatan pengabdian ini di buka oleh Haeruddin, SE Lurah Tanah Loe Kecamatan Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng, Dalam sambutan lurah menyambut baik kegiatan-kegiatan pengabdian di wilayahnya karena sangat membantu para guru dalam meningkatkan kompetensinya.

Tim pelaksana pada PKM ini yaitu Dr. Firdaus, S.Pd., M.T. dan Drs. Sugeng A. Karim, M.T.. Adapun produk yang dihasilkan berupa jasa dalam bentuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mendesain Media Pembelajaran Berbasis komputer.

Tim pengabdi menuturkan bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi perlu dimanfaatkan oleh para guru, termasuk guru PAUD dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa, beberapa materi pokok harus dipahami dan diketahui oleh peserta adalah konsep Media Pembelajaran Berbasis Komputer sebagai alat bantu penyampaian materi ajar dalam proses pembelajaran. Implementasi software power point sebagai salah satu alat bantu mendesain media pembelajaran sangatlah membantu para guru dalam pembuatan materi ajar berbasis komputer. Software untuk desain materi dalam bentuk tayangan sangatlah banyak, namun yang familier penggunaannya bagi guru adalah Aplikasi Power point. Adapun fitur-fitur khusus pada Power Point yang memudahkan penggunanya dalam mendesain media adalah shapes, smarArt, chart, Design, layout, dll. Selain power point, para guru juga diajarkan menggunakan aplikasi flip album dan aplikasi membuat kartun.

Menurut ketua Tim Pengabdi Dr. Firdaus, S.Pd., M.T., yang menarik dari  pelatihan ini karena peserta memperdalam ilmunya belajar tentang pemanfaatan software Power Point sebagai alat bantu pembuatan media pembelajaran, dan beberapa aplikasi lain yang sesuai dengan jenjang Pendidikan PAUD seperti aplikasi membuat album digital sebagai tempat pengumpulan foto-foto maupun video serta membuat kartun Kemudian peserta pelatihan baru mengetahui bahwa banyak aplikasi yang dengan mudah digunakan untuk mendesain media untuk materi pelajaran yang akan diajanya.

Peserta yang menghadiri kegiatan pengabdian ini berjumlah 27 orang, walaupun rencana awal pelatihan ini di khususkan kepada guru PAUD PKBM Ingin Maju Bantaeng saja, tetapi guru PAUD dari sekolah lain juga ikut menjadi peserta. Bahkan ada beberapa guru PAUD dari kecamatan lain mengikuti kegiatan pengabdian ini.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mendesain materi ajar dengan cepat dan menarik dengan memaksimalkan berbagai fitur-fitur khusus pada software Power Point. Mengelola foto dan video dalam album digital dan belajar membuat kartun dengan menggunakan aplikasi dalam computer. Kemudian tim pengabdi menyerankan kepada peserta agar terus mengembangkan kemampuan dalam menggunakan berbagai jenis media pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif demi tercapainya proses pembelajaran yang berkualitas.

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena mereka menganggap materi ini sangat membantu dalam memudahkan guru untuk mendesain materi ajar menggunakan media proyeksi, seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta pelatihan bahwa “materi ini sangat penting untuk diimplementasikan dalam mendesain materi tayang dengan cepat dan menarik untuk siswa PAUD, yang nantinya peserta didik diharapkan akan lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar”. Peserta lain mengemukakan bahwa belajar aplikasi membuat kartun di komputer ternyata sangat mudah dan sangat bermanfaat untuk para guru PAUD.